Orangtua Pegang Peranan Penting Melindungi Keluarga dari Diabetes

Orangtua sebaiknya memerhatikan faktor gaya hidup tidak sehat yang menjadi pemicu diabetes tipe 2.

Orangtua Pegang Peranan Penting Melindungi Keluarga dari Diabetes
Kompas.com
Ilustrasi diabetes. 

WARTA KOTA, PALMERAH---Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, dr Asjikin Iman Hidayat Dachlan MHA, mengatakan, orangtua memegang peranan penting dalam melindungi keluarga dari diabetes.

Orangtua sebaiknya memerhatikan faktor gaya hidup tidak sehat yang menjadi pemicu diabetes tipe 2, antara lain jumlah asupan energi yang berlebih, kebiasaan mengonsumsi jenis makanan dengan kepadatan energi yang tinggi (tinggi lemak dan gula, kurang serat).

Baca: Total Kasus Diabetes di Indonesia Merupakan Diabetes Tipe 2

Pemicu lain, yakni jadwal makan tidak teratur, tidak sarapan, kebiasaan mengemil, teknik pengolahan makanan yang salah (banyak menggunakan minyak, gula, dan santan kental), serta kurangnya aktivitas fisik yang diakibatkan kemajuan teknologi dan tersedianya berbagai fasilitas yang memberikan berbagai kemudahan bagi sebagian besar masyarakat.

Untuk melindungi keluarga dari diabetes tipe 2, Asjikin menganjurkan orangtua agar mendidik anak untuk tidak makan sambil menonton TV, batasi penggunaan gawai, perbanyak aktivitas di luar ruangan, biasakan makan dengan keluarga, biasakan sarapan sehat, biasakan membawa bekal makanan sehat dan air putih dari rumah.

Baca: Sate Kuda, Obat Diabetes Cespleng

"Orangtua juga sebaiknya mulai membatasi konsumsi makanan siap saji dan pangan olahan, jajanan, dan makanan selingan manis, asin, dan berlemak. Lalu, perbanyak konsumsi sayur dan buah, tidak merokok dan minum minuman beralkohol, serta menghindari konsumsi minuman ringan dan bersoda," kata Asjikin beberapa waktu lalu.

Untuk mengendalikan diabetes, Kementerian Kesehatan telah membentuk 33.000 Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) untuk memudahkan akses masyarakat dalam melakukan deteksi dini diabetes.

Kementerian Kesehatan pun telah mencanangkan gerakan CERDIK yang dapat dijadikan pedoman pencegahan diabetes bagi keluarga Indonesia.

Baca: Penderita Diabetes Wajib Menghindari Beberapa Jenis Makanan

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved