Dua Kasus Pencabulan dalam Sebulan, Kapolres Bekasi Minta Orangtua Lebih Awasi Anak

Jika sudah larut malam dan belum pulang ke rumah, orangtua diminta segera menghubungi dan mencari keberadaan buah hatinya.

Dua Kasus Pencabulan dalam Sebulan, Kapolres Bekasi Minta Orangtua Lebih Awasi Anak
Tribun Jateng
ilustrasi 

APARAT Polres Metro Bekasi menciduk dua pelaku pencabulan terhadap anak di bawah umur sepanjang April lalu.

Kedua kasus itu terjadi di Babelan, Kabupaten Bekasi. Atas kejadian itu, Kapolres Metro Bekasi Kombes Candra Sukma Kumara meminta orangtua lebih meningkatkan pengawasan terhadap anaknya.

"Ya kasus cabul ini masih suka terjadi. Memang dibutuhkan peran bersama, tidak hanya pihak kepolisian saja, tetapi juga para orangtua harus lebih memantau anaknya," tuturnya kepada Warta Kota, Rabu (2/5/2018).

Baca: Janji Bakal Menikahi, Warga Babelan Cabuli Pacarnya yang Baru Berumur 17 Tahun

Candra mengatakan, orangtua harus menjalin komunikasi dengan anaknya secara intens, dan selalu mengecek serta mengontrol keberadaan putra-putrinya.

Jika sudah larut malam dan belum pulang ke rumah, orangtua diminta segera menghubungi dan mencari keberadaan buah hatinya.

“Di cari kemana tadi perginya dan dengan siapa perginya, jangan dibiarkan dan dilepas begitu saja. Pengawasan orangtua sangat penting,” ujarnya.

Baca: Jakarta Bakal Punya Velodrome Berstandar Internasional dan Termegah di ASEAN

Candra memaparkan, orangtua juga harus membatasi anak dalam menjalin hubungan dengan teman lain jenis atau pacarnya.

"Ajak anak diskusi, tegur sapa, jangan sampai tidak ada komunikasi. Kemudian harus tegas melarang anaknya menjalin hubungan terlalu jauh. Harus perhatikan juga, masa anaknya pacaran atau dekat dengan yang usia terlampau tua bisa beda 10 tahun gitu. Kemudian jangan biarkan anak hanya berdua dengan pacarnya di rumah, harus didampingi. Ingat, kadang pelaku pelecehan orang terdekat," paparnya. (*)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved