Tumpeng May Day untuk Buruh Pelabuhan dari Polisi

Polisi membagikan tumpeng may day untuk para buruh pelabuhan. Tumpeng ini kemudian dibawah untuk mendemo di depan Istana Presiden.

Tumpeng May Day untuk Buruh Pelabuhan dari Polisi
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Tumpeng May Day untuk buruh pelabuhan dari polisi 

RIBUAN buruh berkumpul di Jalan Raya Pelabuhan tepatnya di depan Pos IX, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (1/5) pagi untuk memperingati Hari Buruh atau May Day.

Berkumpulnya ribuan buruh itu mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Hanya saja ada yang menarik saat ribuan buruh berkumpul dimana perwakilan mereka mendapat nasi tumpeng.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Eko Hadi Santoso memberikan langsung nasi tumpeng tersebut kepada perwakilan buruh sesaat sebelum berangkat meninggalkan lokasi menuju Istana Merdeka.

“Polres Pelabuhan Tanjung Priok memberikan tumpeng sebagai rasa penghormatan kepada rekan-rekan buruh dalam menperingati Hari Buruh yang mana kita bersama juga meyakini, buruh juga elemen bangsa kita sebagaimana pekerja-pekerja lain,” katanya.

Eko mengungkapkan pihaknya mengerahkan 750 personel gabungan untuk melakukan pengawalan dan pengamanan buruh yang akan melakukan aksi damai. Pasalnya ada diperkirakan buruh yang berangkat mencapai ribuan orang.

“Kita siap mengawal, mengamankan rekan-rekan dalam kegiatan aksi buruh ini, dari Tanjung Priok menuju Monas. sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Ketua Umum Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI) Abdul Rosyid mengatakan setidaknya ada sekitar 1.000 orang yang akan mengikuti aksi damai dengan satu tujuan sesuai sektor pekerjaan.

“Nah secara sektornya, kami menuntut agar sektor transportasi, sektor laut agar ada pemenuhan hukum terhadap sektor tersebut,” ungkapnya.

Setelah seluruhnya berkumpul, ribuan buruh kemudian berangkat dan meninggalkan lokasi dengan menggunakan belasan bus dan satu mobil komando sekira pukul 10.15 WIB. Keberangkatan mereka mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved