Total Kasus Diabetes di Indonesia Merupakan Diabetes Tipe 2

Diabetes menjadi penyebab kematian terbesar nomor tiga di Indonesia setelah stroke dan penyakit jantung koroner.

Total Kasus Diabetes di Indonesia Merupakan Diabetes Tipe 2
Kompas.com
Shutterstock/Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH---Diabetes adalah penyakit yang berbahaya dan mematikan.

Data Kementerian Kesehatan yang diperoleh dari Sample Registration Survey 2014 menunjukkan diabetes menjadi penyebab kematian terbesar nomor tiga di Indonesia dengan persentase sebesar 6,7 persen, setelah stroke (21,1 persen), dan penyakit jantung koroner (12,9 persen).

Baca: Penderita Diabetes Wajib Menghindari Beberapa Jenis Makanan

Di Indonesia, prevalensi diabetes mengalami peningkatan dari 5,7 persen pada 2007 menjadi 6,9 persen atau sekitar 9,1 juta jiwa pada 2013.

Data terbaru dari International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017 menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah diabetesi sebanyak 10,3 juta jiwa.

Jika tidak ditangani dengan baik, World Health Organization (WHO) bahkan mengestimasikan angka kejadian diabetes di Indonesia akan melonjak drastis menjadi 21,3 juta jiwa pada 2030.

Baca: Nasi Dicampur Tepung Kelapa Bisa Menjadi Solusi Hadapi Diabetes

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan dr Asjikin Iman Hidayat Dachlan MHA, mengatakan, sebanyak 90 persen dari total kasus diabetes di Indonesia merupakan diabetes tipe 2.

"Diabetes tipe 2 umumnya terjadi pada orang dewasa, namun beberapa tahun terakhir juga ditemukan pada anak-anak dan remaja. Hal ini berkaitan erat dengan pola diet tidak seimbang dan kurang aktivitas fisik yang membuat anak memiliki berat badan berlebih atau obesitas," kata Asjikin beberapa waktu lalu.

Baca: Sejuta Manfaat Daun Sirsak Atasi Penyakit di Antaranya Diabetes dan Kanker

Asjikin mengatakan, orang yang hidup dengan diabetes tipe 2 memiliki gejala yang begitu ringan.

Penderita tidak akan menyadari kondisi kesehatannya tengah terganggu dalam jangka waktu yang lama sehingga penyakit ini pun cenderung terabaikan.

Baca: Saat Berbuka Penderita Diabetes Boleh Minum yang Manis

Akan tetapi penyakit diabetes tipe 2 akan diam-diam merusak fungsi berbagai organ tubuh dan menyebabkan berbagai komplikasi serius seperti penyakit kardiovaskular, kebutaan, gagal ginjal, dan amputasi anggota tubuh bagian bawah.

Diabetes yang tidak ditanggulangi segera dapat menyebabkan penurunan produktivitas, disabilitas dan kematian dini.

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved