Besok Diblokir! Hari Ini Batas Terakhir Registrasi SIM Card

Jika tidak melakukan registrasi, maka mulai besok, 1 Mei 2018, kartu akan otomatis diblokir oleh pihak operator.

Besok Diblokir! Hari Ini Batas Terakhir Registrasi SIM Card
Tribunnews.com
ILUSTRASI 

SENIN (30/4/2018) hari ini merupakan batas terakhir registrasi ulang kartu seluler prabayar maupun pasca-bayar yang telah dibuka sejak November 2017 lalu.

Jika tidak melakukan registrasi, maka mulai besok, 1 Mei 2018, kartu akan otomatis diblokir oleh pihak operator.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Prof Ahmad M Ramli menegaskan, tidak akan ada perpanjangan waktu lagi, sehingga pihaknya mengimbau masyarakat untuk segera meregistrasi.

"Tidak ada perubahan waktu pendaftaran, hari ini tetap hari terakhir," ungkap Ramli kepada Tribunnews.com, Senin (30/4/2018).

Baca: Jangan Sedih, SIM Card yang Diblokir Masih Bisa Registrasi

Pada pemblokiran tahap dua ini, nomor kartu yang belum melakukan registrasi akan diblokir secara keseluruhan, baik telepon, SMS, hingga layanan internet.

"Semua diblokir total meliputi panggilan dan SMS keluar, panggilan dan SMS masuk serta layanan data internet," kata Ramli.

Walaupun telah diblokir, layanan SMS atau telepon untuk registrasi kartu masih bisa dilakukan, sehingga kartu bisa aktif kembali. Bagi yang belum melakukan pendaftaran, berikut ini adalah tahapan yang harus dilakukan:

Baca: Registrasi SIM Card Cegah SMS Penawaran Kredit

Pertama, bagi pengguna kartu prabayar seluler Indosat, Smartfren, dan Tri yang sudah aktif, cukup mengirim SMS ke 4444 dengan format ULANG#NIK#Nomor KK#.

Untuk pengguna XL, SMS ke 4444 dengan format ULANG#NIK#Nomor KK. Sedangkan untuk Telkomsel dengan mengetik SMS ULANG(spasi)NIK#Nomor KK# kirim ke 4444.

Kedua, untuk pelanggan baru mendaftar juga memiliki format pendaftaran yang berbeda-beda. Untuk Tri, Smartfren, dan Indosat, pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke 4444 dengan format NIK#Nomor KK.

Kemudian untuk  XL, SMS ke 4444 dengan format DAFTAR#NIK#Nomor KK dan Telkomsel, dengan mengirim SMS ke 4444 dengan format REG#NIK#nomor KK.

Para pelanggan juga dapat mendatangi gerai-gerai layanan operator dan website operator untuk melakukan registrasi. (Apfia Tioconny Billy)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved