VIDEO: 80 Anak Buruh Sunat Gratis Dalam Rangka Mayday

Wajah mereka menunjukkan ekspresi yang berbeda ada yang tegang, maupun tetap santai sambil bermain gadgetnya.

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menggelar sunatan massal gratis bagi anak-anak buruh di Wisma Sakura Nayuta, Jalan Raya Pekayon, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu (28/4/2018).

Puluhan anak, berdatangan dan mengantri giliran untuk disunat.

Wajah mereka menunjukkan ekspresi yang berbeda ada yang tegang, maupun tetap santai sambil bermain gadgetnya. Ada juga yang nangis dan kabur takut untuk disunat.

Anak-anak yang sudah selesai disunat, langsung mendapatkan bingkisan berisikan sarung, peci dan baju muslim. Anak-anak itu juga diberi hadiah mainan robot dan uang tunai.

Salah satu pekerjaan, Anisa Fauziah (38), merasa senang anaknya bisa mengikuti sunat massal gratis dari Kemnaker.

"Ya bagus ya ada sunat massal ini. Benar benar sangat membantu, apalagi anak saya laki-laki tiga,"ucapnya.

Ia menginginkan agar kegiatan untuk para buruh ini dapat dilakukan rutin setiap tahun. Dirinya juga berharap agar nasib buruh lebih sejahtera.

"Mudahan-mudahan ada kegiatan ini terus setiap tahun. Semoga juga buruh makin sejahtera,"paparnya.

Sementara Hendrik Reneremor (7) anak buruh yang ikut disunat merasa senang bisa mengikuti sunat massal ini. Terlebih saat selesai sunat dirinya mendapatkan mainan robot dan uang seratus ribu rupiah.

"Tadi sakit pas disuntiknya aja, tapi aku seneng kan abis itu dikasih makan, baju, mainan sama robot,"ucapnya sambil memainkan mainan robotnya.

Sementara itu, Aswansyah Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Hubungan Industrial (KKHI) Kemnaker mengatakan kegiatan sunat massal ini diikuti 80 anak buruh yang ada di Kota Bekasi dan sekitarnya.

Kegiatan ini ialah bagian dari rangkaian dalam merayakan hari buruh atau May Day. "Jadi kami menginginkan dalam May Day ini tidak ada kesan yang menakutkan, oleh karenanya kita mengisi dengan kegiatan-kegiatan positif,"tuturnya Sabtu (28/4/2018).

Ia menjelaskan beragam kegiatan yang dilakukan Kemnaker seperti fun bike, lomba maumere, gerak jalan santai, festival band, dan liga pekerja Indonesia.

"Jadi kegiatan ini sudah kita mulai dari kemarin hingga nanti pada 1 Mei mendatang. Dalam kegiatan May Day ini, kita juga ingin berbagi kepada pekerja, anak anak pekerja dan seru seruan dengan kegiatan positif, selain memang kegiatan demo para buruh,"ujarnya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved