Anies Bisa Tunjuk Direksi BUMD, Sandi Pilih Kalangan Profesional

Pergub Nomor 5 Tahun 2018 menuai kecemasan kalangan direksi perusahaan BUMD milik Pemprov DKI saat ini.

Anies Bisa Tunjuk Direksi BUMD, Sandi Pilih Kalangan Profesional
Warta Kota/Rangga Baskoro
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 

PERATURAN Gubernur (Pergub) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Direksi BUMD dan Perusahaan Patungan menuai kecemasan kalangan direksi perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini.

Pasalnya, ketetapan tersebut memberikan keleluasaan kepada Gubernur DKI Jakarta untuk menunjuk langsung direksi BUMD.

Peraturan perubahan dari Pergub 180 tahun 2015 yang ditandatangani oleh Anies Rasyid Baswedan pada tanggal 24 Januari 2018 lalu itu pun memicu isu politis, banyak anggapan direksi BUMD ketika era Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bakal diganti.

Namun Anies menekankan penunjukan direksi BUMD akan melalui proses seleksi sesuai tata kelola pemerintahan yang baik dan benar.

Baca: Babak Pertama Indonesia Tertinggal 0-1 dari Bahrain

"Prinsipnya adalah kita akan kelola BUMD kita dengan professional dengan baik, kemudian prinsip-prinsip good governance juga diterapkan disitu," ungkapnya kepada wartawan di Balaikota, Gambir, Jakarta Pusat pada Jumat (27/4/2018).

Lebih lanjut ditegaskannya, proses penunjukan direksi BUMD akan menggunakan panitia seleksi (pansel) untuk mengevaluasi dan menilai kompetensi calon direksi.

"Tetap ada panitia seleksi. Ada review atas kompetensi semuanya disiapkan. Yang penting adalah pada prosesnya ada proses seleksi yang baik. Ada yang benar. Itu yang penting," tutupnya.

Terstruktur dan sistematis

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno menjelaskan, pemilihan calon direksi BUMD akan dilakukan secara terstruktur dan sistematis oleh pansel.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved