Breaking News:

TPI Pelabuhan Marina Ancol, Jawaban Kemenkumham atas Permintaan Jokowi

“Ini kan apa yang diharapkan presiden supaya kita terus memberikan pelayanan pada masyarakat, khususnya bagaimana tamu-tamu asing

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Suasana di halaman Pelabuhan Marina Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, saat Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly meresmikan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI), Rabu (25/4). 

KEBERADAAN fasilitas Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Pelabuhan Marina Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, menjadi jawaban Kementerian Hukum dan HAM atas permintaan Presiden Joko Widodo untuk mempermudah masuknya wisatawan asing.

“Ini kan apa yang diharapkan presiden supaya kita terus memberikan pelayanan pada masyarakat, khususnya bagaimana tamu-tamu asing yang berwisata di Indonesia untuk kita layani dengan baik,” ucap Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, Rabu (25/4).

Baca: Menkumham Resmikan TPI Pelabuhan Marina Ancol

Kehadiran TPI di Pelabuhan Marina Ancol untuk melayani pencatatan kedatangan atau keberangkatan wisatawan asing melalui laut.

Pasalnya saat ini ada banyak tamu-tamu asing yang berkunjung ke Indonesia.

“Sehingga kita mudahkan pemeriksaan imigrasinya langsung dilaksanakan di Marina. Karena dengan adanya fasilitas ini. akan lebih dimudahkan yang datang. Mereka ada yang dari Singapura, Hongkong, dari mana-mana,” ungkapnya.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, C. Paul Tehusijarana mengatakan pihaknya belum bisa memberikan target pengunjung seiring dengan hadirnya fasilitas TPI di Pelabuhan Marina Ancol.

“Kita belum bisa memproyeksikan untuk ini ya, untuk wisatawan asing, karena wisatawan asing ini, selama ini kan kita nggak tanyain, nggak kita bedakan,” ujarnya,

Justru dengan adanya fasilitas hasil kerjasama antara PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk bersama dengan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat itu, ada potensi besar dan menguntungkan yang bisa diraih.

“Dengan adanya ini, sebenarnya yang kami bayangkan potensinya adalah kalau mereka menghabiskan waktu lebih panjang di Ancol. Harapannya dia spending juga lebih besar,” ucapnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved