Breaking News:

Pencuri Modus Kempes Ban Berhasil Ditangkap Saat di Selokan

S ditangkap saat anggota Unit Lalu Lintas Polsek Medansatria yang mengatur lalu lintas curiga dengan gelagat keempat tersangka.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Gede Moenanto
Warta Kota/Rangga Baskoro
Ilustrasi penangkapan maling di selokan. 

WARTA KOTA, BEKASI -- Satu dari empat spesialis pencuri bermodus kempes ban ditangkap polisi di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi pada Selasa (24/4/2018) pagi.

Pelaku S (32) ditangkap polisi saat bersembunyi di selokan karena takut ditangkap polisi usai beraksi.

Kepala Kepolisian Sektor Medansatria Komisaris I Made Suweta mengatakan, polisi masih memburu tiga tersangka lagi yakni A, B dan J.

S ditangkap saat anggota Unit Lalu Lintas Polsek Medansatria yang tengah mengatur lalu lintas curiga dengan gelagat keempat tersangka.

"Anggota di lapangan berusaha menghentikan laju kendaraannya karena mereka memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, sehingga dikhawatirkan mengancam keselamatan pengendara lain," kata Made pada Rabu (25/4/2018).

Saat hendak dihentikan, kata Made, para pelaku justru menerobos. Anggota yang curiga dengan gelagat mereka bergegas mengejarnya. Saat sepeda motornya terjebak di kemacetan, S berusaha bersembunyi di selokan jalan raya, sementara tiga rekannya lagi berhasil lolos setelah melewati jalan lain. "Anggota yang melihatnya langsung mengamankan S dan pelaku mengaku telah mencuri barang berharga milik pengendara mobil," ujar Made.

Oleh anggota Unit Lantas, pelaku dibawa ke Unit Reskrim Polsek Medansatria untuk dimintai keterangan. Kepada polisi, tersangka mengaku baru pertama kali mencuri barang berharga milik pengendara mobil. "Mereka saling berbagi tugas, sementara untuk S berperan sebagai eksekutor," katanya.

Kepala Unit Reskrim Polsek Medansatria Iptu Bahrudin mengatakan, tersangka B dan J bertugas sebagai pengalih perhatian dengan cara berpura-pura memberitahu korban bahwa ban mobil yang dikendarai kempes.

Saat korban berhenti dan mengecek ban mobilnya, pelaku A dan S langsung membuka pintu mobil untuk mengambil barang berharga milik korban. "Mereka biasa beraksi di siang hari dan incarannya pengendara mobil yang berkendara sendirian agar mudah dalam melancarkan aksi," kata Bahrudin.

Berdasarkan penyidikan sementara, setiap beraksi mereka tidak pernah dibekali senjata tajam dan senjata api. Selain mengamankan tersangka S, polisi menyita barang bukti berupa dua unit ponsel milik korban.

Akibat perbuatannya S dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman penjara di atas lima tahun.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved