Asosiasi Trimmer Interior Mobil Indonesia Membuat Jok mobil Motif Kerawang Gayo

Asosiasi Trimmer Interior Mobil Indonesia (IATS) membuat jok mobil bermotif Kerawang Gayo dari Aceh.

Istimewa
Jok Mobil motif Kerawang Gayo 

WARTA KOTA, PALMERAH---Asosiasi Trimmer Interior Mobil Indonesia (IATS) membuat jok mobil bermotif Kerawang Gayo dari Aceh.

Bekerja sama dengan Blakledergroup,Total, dan Wollsdorf, produsen bahan kulit sintetis dan asli Jerman dan Austria ini memamerkan sederet karya andalan. Sedikitnya ada 10 jok mobil yang menggunakan bahan premium bergaransi.

Baca: Belum Lama Diluncurkan, Pemilik Toyota Rush Ramai-ramai Ganti Sarung Jok Mobil

Kerawang merupakan sejenis perhiasan yang biasa dipasang pada pakaian tradisional Aceh, khususnya Gayo.

Danish yang merupakan trimmer asal Aceh mendapatkan kehormatan untuk menampilkan karya khas daerah pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Perpaduan etnis dan modern dengan menggunakan kain asli Kerawang Gayo dipadukan dengan bahan memakai ArticoLeder, khusus kami persembahkan mewakili masyarakat Aceh pada umumnya dan masyarakat Gayo pada khususnya. Lama pengerjaan untuk merampungkan konsep tersebut memerlukan waktu dua hingga tiga hari," kata Afifuddin, CEO Danish Car, yang membuat jok mobil Kerawang Gayo dalam keterangan tertulis kepada Warta Kota baru-baru ini.

Baca: Makin Banyak Saingan, Perajin Jok Mobil Kebon Sirih Sepi Order

Ia mengatakan, motif ini dijadikan unsur utama dan polanya terinspirasi dari pakaian adat gayo.

"Kita ingin menunjukkan bahwa kreasi setiap anggota IATS punya kualitas yang sangat baik. Kali ini kami menonjolkan khas daerah dengan pengerjaan setara OEM (pabrikan) dengan menggunakan SNIATS (Standarisasi Nasional IATS)," kata Oscar Widjaja, Founder sekaligus Ketua Umum IATS.

Oscar mengatakan, konsep ini juga menunjukkan jika kreativitas para pengrajin interior di Indonesia punya standar kualitas yang bisa dibanggakan.

Baca: Beli Pelapis Jok Mobil di IIMS Hanya Rp 2 Juta

"Asosiasi ini juga dibangun lewat edukasi dan workshop. Sehingga industri kreatif ini diharapkan semakin berkembang, kami pun memberikan terobosan-terobosan terbaik," katanya.

Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved