Breaking News:

Hari Kartini

Sekjen PDIP: Saat Ini Begitu Mudah Orang Mencela Pemimpin, Padahal Dirinya Miskin Prestasi

Selain itu, lanjutnya, elite harus belajar tentang kearifan sikap, tutur kata yang halus, dan sikap yang memberi keteladanan dari sosok Kartini.

Editor: Yaspen Martinus
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Pertemuan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. 

SEKRETARIS Jenderal Partai Demokrasi Indoneisa Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kritiyanto mengatakan, ide dan cita-cita RA Kartini tentang emansipasi perempuan, masih terasa hingga saat ini.

Hasto menilai pemikiran Kartini tentang gerakan emansipasi perempuan Indonesia, telah mendobrak alam pikir feodal dan mengubah pandangan Belanda terhadap wanita pribumi.

”Pemikiran Kartini meski bersifat progresif, disampaikan dalam tata cara yang berkebudayaan. Karena itulah gagasannya tentang emansipasi perempuan, dan mimpi Kartini agar perempuan berdaulat di dalam menentukan arah dan perjalanan hidupnya, justru dapat ditangkap dengan baik, karena tutur katanya yang berbudi pekerti," tutur Hasto dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/4/2018).

Baca: Kartini Masa Kini, Jadi Pengemudi Ojek Online demi Anak Bisa Sekolah Tinggi

Hasto juga mengatakan apa yang disampaikan Kartini tentang mimpi besar kaum perempuan tentang kebudayaan Nusantara, tentang kesetaraan warga negara, seharusnya mengilhami para elite bangsa.

Selain itu, lanjutnya, elite harus belajar tentang kearifan sikap, tutur kata yang halus, dan sikap yang memberi keteladanan dari sosok Kartini.

“Saat ini begitu mudah orang mencela pemimpinnya, padahal dirinya sendiri miskin prestasi," ujar Hasto.

"Kecenderungan obral kata yang memecah belah, kasar, menghakimi pihak lain, dan menganggap dirinya paling benar, adalah gambaran keprihatinan melunturnya budi pekerti. Kartini pasti menangis melihat perilaku elite yang nihil keteladanan seperti itu," sambung Hasto. (Fransiskus Adhiyuda)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved