Ujian Nasional

Komputer Macet Total dan Server Down Hantui UNBK SMP di Tangerang Besok

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) mulai digelar pada Senin (23/4/2018) besok.

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Yaspen Martinus
WARTA KOTA/ARIE PUJI WALUYO
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Abduh Surahman (kiri). 

UJIAN Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) mulai digelar pada Senin (23/4/2018) besok.

Dinas Pendidikan Kota Tangerang pun melakukan persiapan dan mengantisipasi berbagai masalah atau kendala yang bisa terjadi.

Pada UNBK tahun ini, total ada sekitar 26.300 siswa yang menjalani prosesi ujian. Mereka tergabung dalam SMP dan MTS di Kota Tangerang.

Baca: 1,6 Juta Anak Indonesia Jadi Pengedar Narkoba

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Abduh Surahman menjelaskan, seluruh SMP dan MTS di Kota Tangerang akan melaksanakan UNBK.

"Pada tahun ini 100 persen sekolah di Kota Tangerang. Untuk SMP ada 187 sekolah, dan MTS 52 sekolah yang melaksanakan UNBK. Sudah tidak ada lagi yang melaksanakan ujian berbasis kertas," ujar Abduh, Minggu (22/4/2018).

Ia menuturkan, segala persiapan seperti koordinasi dengan pihak PLN sudah dilakukan, guna menghindari adanya pemadaman listrik saat ujian.

Baca: PKS Tak Mau Disuruh-suruh Dukung Jokowi

"Tetapi pihak sekolah sudah kami imbau untuk menyediakan genset," ucapnya.

Kabid Pembinaan SMP Kota Tangerang Jamaludin mengklaim persiapan dari Dinas Pendidikan sudah maksimal, namun ada berbagai persoalan yang kerap menghantui saat UNBK berlangsung.

"Selama pelaksanaan simulasi hingga tiga kali, kami khawatirkan ada kendala seperti server down atau komputer macet total. Mudah-mudahan saja semua berjalan lancar," harap Jamaludin. (*)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved