Breaking News:

Proses Sinkronisasi Soal UNBK SMP Mencapai Tahap Akhir

Proses sinkronisasi server utama Kementerian Pendidikan ke server sekolah dan cadangan sudah mencapai tahap akhir.

Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Sudin Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat dan sejumlah IT dengan pihak sekolah di SMPN 82, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, tengah lalukan sinkronisasi server, pada Sabtu (21/4/2018).w 

WARTA KOTA, PALMERAH-Abdul Rachem, Kasudin Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Timur menyatakan proses sinkronisasi server utama Kementerian Pendidikan ke server sekolah dan cadangan sudah mencapai tahap akhir.

"Saat ini kami sedang mengurus terkait sinkronisasi server, baik yang utama maupun cadangan. Tadi malam sudah hampir 100 persen, tapi ada beberapa kendala di beberapa sekolah terkait kabel-kabelnya. Tapi insya Allah jam 8 malam nanti sudah bisa dikondisikan oleh teknisinya," ujar Abdul saat dikonfirmasi, Sabtu (21/4/2018).

Pihaknya mencatat sebanyak total 16.726 siswa di wilayah 2 Jakarta Timur dari SMP negeri dan swasta dijadwalkan akan mengikuti pelaksanaan UNBK. Jumlah SMP negeri sebanyak 50 sekolah, sedangkan swasta sebanyak 57 sekolah.

Rata-rata sekolah akan melakukan 2 sesi pelaksanaan UNBK di wilayah 2 Jakarta Timur.

Sementara itu, Uyat Supriyatna, Kasie dikdas dan PKLK Wilayah 2 Jakarta Pusat (Kepala Seksi Pendidikan Dasar dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus untuk SLB) mengatakan jumlah SMP Negeri yang melaksanakan UNBK sebanyak 19 sekolah, sekolah terbuka 3 sekolah dan swasta 36 sekolah.

"Jadi jumlahnya ada 58 sekolah," ujar Uyat.

Sementara itu, proses sinkronisasi server sudah mencapai tahap 100 persen.

Sama seperti Jakarta Timur wilayah 2, Jakarta Pusat wilayah 2 juga banyak yang melakukan pelaksanaan UNBK sebanyak 2 sesi.

"Rata-rata SMP banyak yang melaksanakan sebanyak 2 sesi, dari 07.30 sampai 09.30 kemudian lanjut pukul 10.00 sampai 12.00. Memang tidak dipungkiri ada beberapa sekolah yang belum terpenuhi dalam kesiapan komputer maupun laptop. Tapi kami optimis bisa 100 persen UNBK berkat kerjasama dengan pihak orang tua yang meminjamkan laptopnya. Terutama dari sekolah swasta," katanya.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved