Breaking News:

Istri Gusdur, Satu dari 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia

Mantan Ibu Negara itu mengibaratkan keragaman agama di Indonesia sebagai sebuah taman bunga. Tidak ada yang bisa memaksa melati jadi anggrek...

Dok. Komisi Keadilan & Perdamaian Keuskupan Bandung
SINTA Nuriyah 

MAJALAH Times kembali merilis daftar tahunan 100 orang paling berpengaruh di dunia, Kamis (19/4/2018). Istimewanya, dalam daftar kali ini muncul rekor baru, yaitu masuknya 45 nama tokoh perempuan dan 45 nama tokoh berusia di bawah 40 tahun.

"Daftar Time 100, selalu merupakan refleksi sebuah momen, dan kali ini berbeda dengan masa lalu," kata Pemimpin Redaksi Majalah Time Edward Felsenthal.

Lewat sebuah surat, Felsenthal menjelaskan bagaimana tim seleksi majalah itu memilih tokoh-tokoh yang mengisi daftar ini.

Majalah Time juga mengundang para kontributor untuk menulis tentang masing-masing sosok 100 orang paling berpengaruh di dunia itu. Salah satu kontributor yang menulis untuk daftar 100 orang berpengaruh ini adalah mantan Presiden AS Barack Obama.

Dalam tulisannya, Obama menulis bagaimana dia terinspirasi dengan insiden penembakan di Parkland, Florida, belum lama ini. Obama menulis sosok Jaclyn Corin, Emma Gonzalez, David Hogg Cameron, Kasky, dan Alex Wind. Mereka adalah penyintas tragedi Parkland yang kemudian mengorganisasi aksi "March for Our Lives" untuk menentang kekerasan bersenjata.

"Mereka memiliki kekuatan para pemuda, yaitu melihat dunia yang baru, menentang tatanan lama, konvensi kuno, serta sifat pengecut yang dibalut sebagai kebijakan," demikian tulis Obama.

Sinta Nuriyah

Kali ini, Time membagi ke-100 tokoh itu dalam kategori pionir, seniman, pemimpin dunia, ikon, dan "raksasa". Untuk katagori pionir, salah satunya adalah para penyintas tragedi Parkland yang ulasannya ditulis Barack Obama.

Ada juga komedian Kumail Nanjani, astronot perempuan Peggy Whitson, serta Nice Nailantei Leng'ete (perempuan Kenya yang menentang sunat perempuan).

Di bagian seniman muncul nama aktris asal Australia, Nicole Kidman, yang bersanding dengan nama-nama besar lain, seperti Hugh Jackman, Gal Gadot, sutradara Guillermo del Toro, pembawa acara Jimmy Kimmel, dan penulis Lena Waithe.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved