Krisis Semenanjung Korea

Harapan Donald Trump: Semenanjung Korea Aman, Makmur, dan Damai

"Ada jalan terang yang tersedia bagi Korea Utara untuk mencapai denuklirisasi dengan langkah yang lengkap, terverifikasi, dan tak berubah."

getty images
PRESIDEN AS Donald Trump 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyerukan harapan perdamaian abadi antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel).

Dilansir dari AFP, Rabu (18/4/2018), Trump melontarkan harapan tersebut di tengah aktivitas diplomatik yang memicu terobosan besar dalam kebuntuan dengan Pyongyang dalam beberapa waktu terakhir dan yang akan datang.

"Kami berharap dapat melihat hari di mana seluruh semenanjung Korea dapat hidup bersama dalam keamanan, kemakmuran, dan perdamaian," katanya dalam konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang berkunjung ke AS, di Mar-a-Lago, Florida.

Baca: Perang Korea Ternyata Masih Berlangsung, Ini Alasannya

"Ada jalan terang yang tersedia bagi Korea Utara untuk mencapai denuklirisasi dengan langkah yang lengkap, terverifikasi, dan tak berubah," ucapnya.

Seperti diketahui, Trump berencana untuk bertemu pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam beberapa pekan ke depan.

Sementara, pemerintah AS mengonfirmasi adanya pertemuan rahasia antara Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) Mike Pompey dengan Kim Jong Un di Pyongyang pada awal bulan ini.

Baca: Diam-diam Direktur CIA Bertemu Kim Jong Un, Trump: Denuklirisasi Kabar Baik bagi Dunia

"Kami berharap itu semua berhasil. Kami akan berusaha sangat keras," ucap Trump.

Pemerintah AS belum memberikan keputusan terkait lokasi pertemuan antara Trump dan Kim. Namun, pemerintah China, Korea Utara, dan Korea Selatan memandang Zona Demiliterisasi Panmunjom sebagai lokasi yang memungkinkan.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved