Pacu Daya Saing Produk Lokal Lewat Ajang Pameran

Pameran bahan bangunan itu akan digelar pada tanggal 2-6 Mei 2018 di Indonesia Convention Exhibition, BSD City, Serpong,

Pacu Daya Saing Produk Lokal Lewat Ajang Pameran
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Effi Setiabudi, Direktur Utama Debindo-International Trade Exhibition (ITE), di Gedung Jakarta Design Center (GDC), Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pekan lalu. 

WARTA KOTA, TANAH ABANG -- Masuknya produk impor ke dalam negeri telah mendorong persaingan ketat dengan produk lokal.

Berbagai upaya terus dilakukan kalangan industri agar produk lokal mampu bersaing dengan produk asing di pasar dalam negeri.

Pasalnya, saat ini beragam produk bangunan asal Cina, Korea Selatan, Taiwan dan sejumlah negara lainnya kini membanjiri pasar tanah air.

Menurut Effi Setiabudi, selaku Direktur Utama Debindo- International Trade Exhibition (ITE), salah satu upaya yang dilakukan untuk membendung produk asing adalah melalui pameran.

"Kita banyak gempuran asing, kuncinya harus terus berinovasi supaya industri lokal dikenal di tanah air," kata Effi saat jumpa media di Gedung Jakarta Design Center (GDC), Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pekan lalu.

Salah satu langkah yang akan mereka gelar kata Effi, adalah menggelar pameran bertajuk Indobuildtech Expo 2018.

Pameran bahan bangunan dengan tema 'Sustainable Urban Development' itu akan digelar pada tanggal 2-6 Mei 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang Selatan.

Indobuildtech Expo 2018 akan menampilkan beragam produk bahan bangunan serta interior yang menggunakan teknologi terkini dan energi yang efisien.

Pameran yang diikuti sekitar 500 peserta ini juga akan diikuti peserta asing.

Bahkan peserta dari Cina telah memesan lahan pameran seluas 2 ribu meterpersegi untuk memamerkan produk mereka.

"Kami memiliki banyak produk unggulan baik dinding, atap atau lantai yang kualitasnya tidak kalah dengan produk asing," kata Effi.

Selain pameran, juga terdapat beberapa forum yang dapat diikuti pengunjung Indobuidtech Expo 2018.

Antara lain Seminar Urban Sustainability on Transit Oriented Development oleh Ikatan Ahli Bangunan Hijau Indonesia (IABHI), Sustainable Housing Development oleh POKJA PKP (Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman) dan Indobuildtech Architect Forum oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Banten.

Effi juga menambahkan, Indobuildtech datang di saat yang tepat sebagai pasar untuk pemangku kepentingan pembangunan perkotaan.

Seperti kontraktor, profesional pabrikan dan rencana proyek serta sebagai stimulus untuk mempercepat pembangunan properti.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved