Kenalkan, Masinis Cantik yang akan Mengendalikan MRT Jakarta

Tiara Alincia Fitri merupakan masninis perempuan pertama di Indonesia. Dia akan mengendalikan MRT Jakarta.

Kenalkan, Masinis Cantik yang akan Mengendalikan MRT Jakarta
Warta Kota/Yosia Margaretta
Tiara Alincia Fitri, masinis cantik yang akan mengendalikan MRT Jakarta. 

WARTAKOTA, LEBAK BULUS-Guberur DKI Jakarta, Anies Baswedan memantau kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Depo 1 Lebak Bulus, Jakarta Selatan dan menjajaln langsung kereta tersebut.

Namun ada yang menarik ketika Anies memantau kereta dari dalam dan memasuki gerbong depan kereta.

Ada sosok perempuan berkerudung abu-abu yang berparas cantik mendampingi Anies dan berbincang.

Tiara (21) merupakan salah satu masinis perempuan yang akan mengoperasikan kereta MRT dengan tenaga listrik itu.

Perempuan yang sudah selesai menempuh pendidikan latihan di Malaysia ini telah mengoperasikan kereta di Malaysia sebelumnya.

"Benar-benar bawa dengan penumpang yang banyak. Peak hour dan off peak hour juga bawa penumpang Malaysia. Kita didampingin asistennya di sana, tapi kita yang pegang handle," ujar Tiara menceritakan pengalamannya.

Perempuan yang memiliki nama lengkap Tiara Alincia Fitri ini menempuh pendidikan di Akademi Perkeretaapian Indonesia.

Tiara bercerita bahwa dirinya awalnya tidak memiliki cita-cita untuk menjadi masinis dan sebelumnya dia memasuki industri perkeretaapian sebagai passanger service.

"Awalnya saya jadi passenger service. Seperti yang melayani penumpang. Terus saya dipercaya jadi masinis. Sebelumnya saya tidak mendaftar sama sekali," tutur Tiara.

"Saya juga enggak pernah berpikir ingin jadi masinis, apalagi kami ini menjadi kesempatan pertama menjadi masinis (MRT) pertama di Indonesia karena sebelumnya belum ada," sambungnya.

Namun karena dorongan dari orang sekelilingnya, Tiara pun membulatkan tekadnya untuk menjadi masinis perempuan pertama di Indonesia.

"Alhamdulillahamdulilllah jadi masinis (MRT) wanita pertama yang ada di Indonesia. Karena sebelumnya yang di KRL belum ada masinis wanitanya. Dan ini juga menjadi kesempatan emas buat kita bisa turut mengubah Jakarta dengan Kereta MRT Jakarta ini," ungkap Tiara.

Perempuan yang berasal dari Jawa Tengah ini naninya akan memulai pekerjaannya pertama di MRT Jakarta pada Maret 2019. (m-14)

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved