Tak Hanya Warna-warni, Warga Galur Juga Punya Gang Hijau

Warga RW 4, Jalan Kwista 1, Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat juga punya gang hijau.

Tak Hanya Warna-warni, Warga Galur Juga Punya Gang Hijau
Warta Kota/Rangga Baskoro
Gang hijau di Galur, Johar baru, Jakarta Pusat. 

WARTA KOTA, JOHAR BARU-Warga RW 4, Jalan Kwista 1, Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat tak hanya punya kampung warna-warni.

Selain menata dinding dengan beragam warna, mereka juga menata ruang kosong di depan rumah untuk menaruh tanaman-tanaman hias.

Aseli (53) yang merupakan warga RW 04 sekaligus pengelola gang hijau dan satu warga pencetus kampung warna-warni mengatakan bila konsep tersebut dirancang sejak tahun 2014.

Sebelum menata tanaman, ide kampung warna-warna dicetuskan lebih dulu olehnya.

"Mulainya dari tahun 2014, waktu itu warga berembuk mau bikin RW 04 jadi bagus. Jadi akhirnya kita punya ide bikin kampung warna-warni seperti sekarang," kata Aseli saat ditemui di lokasi, Rabu (11/4).

Awalnya biaya cat berasal dari swadaya masyarakat, kemudian pihak Kelurahan Galur mendukung rencana tersebut baru pada tahun 2017.

Setelah itu, ia pun memulai konsep gang hijau dengan menaruh sejumlah tanaman hias di jalan sepanjang kurang lebih 200 meter. Memanfaatk ruang yang hanya sekitar 60 sentimeter, Gang Kweni pun kini terlihat asri.

"Sekarang sudah bagus, jadi kampung warna-warni, ada gang hijau sama, pemeliharaan ikan," ujarnya.

Mengenai kendala pembuatan kampung warna-warni, Aseli mengatakan bila kendala awalnya adalah anak-anak warga kerap mencabuti daun-daun pohon yang sudah diambil.

"Kendalanya anak-anak kecil nyabutin daun-daun, kalau orangtuanya mah pada setuju semua. Untuk lukisnya kita swadaya warga, tapi pihak Kelurahan juga bantu," lanjutnya.

Daun tanaman yang dimaksud Aseli adalah tanaman obat yang ditanam warga.

Sejumlah tanaman tersebut di antaranya ada daun kumis kucing, kaca beling, kaca piring, gandarusa, sirih merah, sirih, dan brotowali.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved