Lokomotif KA Sancaka Dievakuasi, Jalur Kereta Sudah Bisa Dilalui

Kereta pertama yang melewati jalur pasca-perbaikan yakni KA Malioboro Ekspres, yang lewat sekitar pukul 01.19 WIB.

Lokomotif KA Sancaka  Dievakuasi, Jalur Kereta Sudah Bisa Dilalui
KOMPAS.com/Pranoto
ANGKAT--Alat berat mengangkat rangkaian kereta Sancaka yang keluar dari rel di Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Sabtu ( 7/4/2018) 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Jalur kereta api lintas selatan Jawa sudah bisa dilewati kereta reguler setelah tim berhasil mengevakuasi lokomotif KA Sancaka yang terguling di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Hal itu diungkapkan Managemen PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 7 Madiun memastikan jalur kereta api sudah normal dan bisa dilewati pada Minggu (8/4/2018).

Seperti dilansir Kompas.com, evakuasi selesai pada Sabtu (7/4/2018) malam.

"Evakuasi lokomotif KA Sancaka yang terguling sudah selesai, Sabtu (7/4/2018) sekitar pukul 21.30 WIB. Dan saat ini jalur sudah bisa dilalui normal," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto kepada Kompas.com, Minggu (8/4/2018) pagi.

Supriyanto menjelaskan, setelah evakuasi lokomotif purna dilanjutkan dengan perbaikan jalur. Perbaikan jalur kereta memakan waktu sekitar satu jam.

"Perbaikan jalur selesai pukul 22.40 WIB. Untuk memastikan kondisi jalur, dilakukan uji coba perjalanan melewati track dengan crane," ucap Supriyanto.

Setelah uji coba jalur selesai, lanjut Supriyanto, PT KAI memberikan kesempatan kereta pertama yang melewati jalur tersebut.

Kereta pertama yang melewati jalur pasca-perbaikan yakni KA Malioboro Ekspres, yang lewat sekitar pukul 01.19 WIB.

Usai KA Malioboro Ekspres lewat, diikuti bergantian kereta api lainnya dari arah barat dan timur melewati jalur tersebut.

"KAI memastikan kondisi jalur aman terlebih dahulu, sebelum dilalui oleh perjalanan KA dan dipantau setiap waktu. Kami menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan perjalanan KA akibat kecelakaan KA Sancaka," tutur Supriyanto.

Dari 12 gerbong yang tergelincir, delapan di antaranya telah dapat dipindahkan dari lokasi kejadian.(Kontributor Solo, Muhlis Al Alawi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasca-Kecelakaan Kereta Api Sancaka di Ngawi, Jalur Kini Bisa Dilewati"

Editor: Murtopo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved