Seluruh Produk Ikan Makarel Kaleng yang Terindikasi Cacing Ditarik BPOM

BPOM berjanji akan terus memantau penarikan berdasarkan kode produksi (bets) terhadap ikan makarel kaleng yang terdapat parasit cacing

Seluruh Produk Ikan Makarel Kaleng yang Terindikasi Cacing Ditarik BPOM
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito, saat memberi penjelasan soal produk ikan makerel dalam kaleng yang terindikasi adanya cacing dan sudah dalam proses penarikan produk oleh pelaku usaha serta dalam pengawasan BPOM RI, Jumat (6/4/2018). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Anggie Lianda Putri

WARTA KOTA, JOHAR BARU - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berjanji akan terus memantau penarikan berdasarkan kode produksi (bets) terhadap ikan makarel kaleng yang terdapat parasit cacing laut jenis Anisakis.

"Dipastikan bahwa seluruh bets produk ikan makerel dalam kaleng yang terindikasi adanya cacing sudah dalam proses penarikan produk oleh pelaku usaha dan dalam pengawasan BPOM RI," ujar Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito, Jumat (6/4/2018).

Masyarakat diminta agar tidak khawatir dengan produk ikan makerel dalam kaleng yang beredar di pasaran.

"Masyarakat juga tidak perlu takut untuk mengonsumsi produk ikan dalam kaleng karena pmerintah dan pelaku usaha akan memastikan produk yang tidak memenuhi syarat tidak lagi beredar di masyarakat," Kata Penny.

Ia juga menyampaikan bahwa temuan parasit cacing ini akan menjadi pembelajaran bersama untuk meningkatkan efektivitas pengawasan dan mengingkatkan profesionalisme dalam keamanan mutu produk

Penny berpesan agar masyarakat sebagai konsumen dapat berperan aktif dalam pengawasan obat dan makanan dengan cara melaporkan jika menemukan produk yang bermasalah. (M16)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved