Robot Diprediksi Gantikan 800 Juta Pekerja pada 2030, Jokowi: Kalau yang Pesimis Saya Enggak Percaya

Presiden Joko Widodo tidak percaya dengan pihak yang memprediksi jutaan lapangan pekerjaan akan hilang pada 2030.

Robot Diprediksi Gantikan 800 Juta Pekerja pada 2030, Jokowi: Kalau yang Pesimis Saya Enggak Percaya
WARTA KOTA/YOSIA MARGARETTA
Presiden Joko Widodo meninjau Pasar Tanah Abang Blok A bersama Direktur Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde, Senin (26/2/2018). 

WARTA KOTA, SENAYAN - Presiden Joko Widodo tidak percaya dengan pihak yang memprediksi jutaan lapangan pekerjaan akan hilang pada 2030, seiring masuknya industri jilid 4 atau 4.0.

Jokowi menjelaskan, ‎riset McKinsey Global Institute mengeluarkan analisa lanjutan pada November 2017, dengan memprediksi bahwa revolusi industri 4.0 akan menghilangkan 800 juta lapangan kerja di seluruh dunia.

"800 juta pekerja di seluruh dunia akan kehilangan pekerjaan karena diambil alih oleh robot dan mesin dalam 12 tahun ke depan. Nah, kalau ini saya enggak percaya. Kalau yang pesimis saya enggak percaya, atau paling enggak rada enggak percaya," papar Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Baca: Bobotoh Ini Pakai Seragam TNI dan Bawa Airsoft Gun Agar Bisa Tonton Laga Persib Gratis

‎Jokowi meyakini, revolusi industri 4.0 justru akan melahirkan lapangan kerja baru lebih banyak lagi, dan menciptakan peluang-peluang besar untuk semakin tumbuh usahanya.

"Apakah revolusi industri sebuah peluang besar? Jawaban saya, iya, kalau kita mempersiapkan, merencanakan, dan bisa mengantisipasi ini," ujar Jokowi.

"Apakah revolusi industri 4.0 ini sebuah ancaman? Menurut saya jawabannya, iya dan tidak. Bisa iya bisa tidak, tergantung kita," sambung Jokowi.

Baca: Meski Diultimatum Ombudsman, Pemprov DKI Tetap Lanjutkan Tata Kawasan Tanah Abang

Riset McKinsey Global Institute pada 2015, lanjut Presiden, menyatakan revolusi industri baru dampaknya akan tiga ribu lebih dasyat dari revolusi industri pertama di abad 19.

‎"Inilah yang harus kita pahami, kita mengerti dan kita antisipasi. Dari laporan yang diterima, termasuk dari Menteri Perindustrian dan saya percaya itu, saya percaya dampak revolusi industri 4.0," kata Jokowi. (Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved