Breaking News:

Rusia: Trump Undang Putin ke Gedung Putih, AS: Belum Pasti

"Beberapa jam setelah pembicaraan telepon dengan Presiden Putin, keduanya mendiskusikan pertemuan dalam waktu dekat..."

Editor: Fred Mahatma TIS
uspresidentialelectionnews.com
VLADIMIR Putin dan Donald Trump 

WARTA KOTA, MOSKWA --- Presiden AS Donald Trump dikabarkan mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke Gedung Putih. Demikian disampaikan Kremlin, Senin (2/4/2018) waktu setempat.

Yury Ushakov, seorang ajudan Putin, kepada jurnalis mengatakan, dalam pembicaraan telepon pada 20 Maret lalu Presiden Trump menyarankan pertemuan pertama kedua pemimpin sebaiknya digelar di Washington DC.

"Jika semua berjalan lancar, saya harap pemerintah Amerika tidak akan menolak proposal untuk mendiskusikan kemungkinan digelarnya pertemuan tingkat tinggi," ujar Ushakov.

Baca: Rusia Remehkan Pengusiran Diplomat, tapi Putin Siap Bertemu Trump

Sementara itu, sekretaris pers Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders menanggapi pernyataan Kremlin itu dengan menegaskan belum ada kepastian pertemuan kedua pemimpin tersebut.

"Seperti yang dikonfirmasi presiden sendiri pada 20 Maret, beberapa jam setelah pembicaraan telepon dengan Presiden Putin, keduanya mendiskusikan pertemuan dalam waktu dekat di beberapa lokasi yang memungkinkan, termasuk di Gedung Putih," ujar Sarah.

"Sejauh ini belum ada informasi lain yang bisa kami sampaikan," Sarah menegaskan.

Baca: Vladimir Putin, dari Agen Rahasia Rendahan Jadi Penguasa Rusia

Ini bukanlah kali pertama Presiden Trump memunculkan kemungkinan pertemuan dengan Putin di Gedung Putih. Musim panas tahun lalu, Trump juga mengatakan amat berharap bisa mengundang Putin ke Gedung Putih, meski dia menegaskan pertemuan dengan Putin memang belum masuk ke dalam agendanya.

"Saya kira sekarang bukan waktu yang tepat, tetapi jawabannya ya (saya akan bertemu Putin)," kata Trump pada Juli tahun lalu.

"Amat mudah bagi saya untuk mengatakan tidak (bertemu dengan Putin). Itu hal yang amat mudah dilakukan, tetapi sekaligus amat bodoh," tambah dia.

"Jika Anda tidak ingin ada dialog, maka Anda harus menjadi orang bodoh. Amat mudah bagi saya mengatakan tidak akan berbicara dengan dia, dan semua orang akan menyukai saya. Namun, saya harus melakukan hal yang benar," tambah Trump. (Ervan Hardoko)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kremlin: Trump Undang Putin ke Gedung Putih"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved