Dapat Sanjungan Kampung Kumuh Disulap Jadi Kampung Sehat di Tangerang

"Jadi sudah sangat bagus sekali, saya juga mengharapkan ini bisa menjadi contoh untuk daerah lain dan kalau kita lihat ibu-ibu.."

Dapat Sanjungan Kampung Kumuh Disulap Jadi Kampung Sehat di Tangerang
Warta Kota/Andika Panduwinata
Pjs Wali Kota Tangerang, M. Yusuf, saat memberi sambutan ketika anggota Tim Penilai Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Nasional Retno Damayanti Gobel saat meninjau langsung lokasi Kampung PHBS yang ada di Kelurahan Kreo mewakili Banten dalam Lomba Lingkungan Sehat tingkat Nasional, Senin (2/4). 

WARTA KOTA, TANGERANG - Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) atau Kampung PHBS yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dinilai berhasil oleh pemerintah pusat. Sanjungan tersebut disampaikan langsung oleh Anggota Tim Penilai Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Nasional Retno Damayanti Gobel saat meninjau langsung lokasi Kampung PHBS yang ada di Kelurahan Kreo mewakili Banten dalam Lomba Lingkungan Sehat tingkat Nasional.

"Jadi sudah sangat bagus sekali, saya juga mengharapkan ini bisa menjadi contoh untuk daerah lain dan kalau kita lihat ibu-ibu dan semua kader disini juga bisa sanggup memberikan konsultasi ke daerah lain sebagai standar yang tinggi (terkait pengelolaan Lingkungan Bersih dan Sehat)," ujar Retno saat meninjau langsung ke RW 05 Kelurahan Kreo Larangan, Tangerang Senin (2/4/2018).

Sebagai informasi, Program Kampung PHBS yang telah diterapkan hampir di setiap Kelurahan di Kota Tangerang tersebut bertujuan untuk membudayakan pola hidup bersih di kalangan masyarakat sekaligus untuk membentuk pola hidup masyarakat yang lebih peduli terhadap lingkungan.

Sehingga tidak heran muncul kampung-kampung kumuh yang disulap menjadi kampung wisata salah satunya kampung di RW 05 Kelurahan Kreo tersebut.

Sementara itu, terkait Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat istri pengusaha nasional Rahmat Gobel ini juga menyampaikan bahwa Kampung PHBS di Kelurahan Kreo tersebut berpeluang besar untuk menjadi salah satu pemenang dalam ajang lomba nasional tersebut.

"Ini ada enam Kota dan enam nominasi, kalau lihat dari itu berarti sudah menang," ucapnya.

Bicara soal indikator lomba LBS, Retno menjelaskan bahwa selain lingkungan yang bersih tim juga menilai terkait pengelolaan sampah dan kepedulian masyarakatnya juga.

"Indikatornya banyak ada rumah sehat, lingkungan bersih dan juga pengelolaan sampahnya, kalau disini saya kira sudah bagus, tadi sudah dilihat detail-detailnya juga," kata Retno.

Pjs Wali Kota Tangerang, M. Yusuf yang ikut menyambut dan menjamu Tim Penilai di Gedung Nyimas Melati juga menyampaikan optimismenya untuk memenangkan kejuaran tersebut.

"Doakan saja kita bisa menang, dan tingkat kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungannya semakin meningkat," papar Yusuf. (dik)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved