Mengintip Persiapan Ujian Nasional di Panti Asuhan

Anak-anak di panti asuhan anak putra utama 3 Tebet punya kegiatan baru di sore hari menjelang UN.

Mengintip Persiapan Ujian Nasional di Panti Asuhan
WARTA KOTA/DWI RIZKI
Persiapan Ujian Nasional di Panti Asuhan. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Walau memiliki banyak keterbatasan, khususnya perhatian kedua orangtua, semangat anak-anak binaan panti sosial untuk meraih pendidikan tidak pernah surut.

Ketidakhadiran para orangtua justru memicu mereka untuk mengubah nasib.

Kebersamaan itu terlihat di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 Tebet, Jakarta Selatan, setiap petang.

Usai menyelesaikan rutinitas harian mulai dari membersihkan kamar, sekolah, bermain hingga belajar berkelompok, anak-anak kini disibukan dengan bimbingan belajar rutin jelang Ujian Nasional (UN) yang digelar pada pekan pertama bulan April 2018 mendatang.

Kegiatan tambahan tersebut diungkapkan Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 Tebet, Ucu Rahayu, merupakan rangkaian persiapan jelang UN, khususnya anak-anak tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang digelar sejak Senin (2/4/2018) hingga Kamis (5/4/2018) disusul Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama.

"Rangkaian kegiatan ini menjadi perhatian para pengasuh dan anak asuh dalam persiapannya. Ujian Nasional pada tahun ini berlangsung pada tanggal 2, 3, 4 dan 5 April untuk tingkat SMK dan bagi siswa SMA dimulai tanggal 9 April. Sedangkan untuk sisa SMP akan berlangsung pada tanggal 23 April,"ungkapnya dihubungi pada Minggu (1/4/2018).

Dalam bimbingan belajar, para pengasuhtidak hanya mengulas pelajaran yang akan diujikan dalam UN, tetapi ditanamkan motivasi dan kepercayaan diri agar tekanan mental yang dihadapi para siswa dalam menjalani UN dapat berkurang.

"Tidak hanya berbekal persiapan akademik, persiapan mental dan spiritual anak asuh sangat penting dalam menentukan kelulusan serta keberhasilan dalam belajar, hal ini yang pengasuh terus tanamkan," tutupnya. 

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved