Breaking News:

Konyolnya Penyebab Sederet Rumah Roboh di Senen

obohnya sederet rumah di pemukiman padat penduduk di Pinggir Kali CIliwung ternyata terjadi karena hal konyol.

WARTA KOTA/DWI RIZKI
Kondisi rumah roboh di permukiman padat penduduk, Jalan Inspeksi Kali Ciliwung, RT 03/02 Kwitang, Senen, Jakarta Pusat pada Sabtu (31/3/2018). Terkait hal tersebut, sejumlah warga mengungsi di Jalan Inspeksi Anak Kali Ciliwung saat ini. 

WARTA KOTA, SENEN -- Robohnya sederet rumah di pemukiman padat penduduk di pinggir Jalan Inspeksi Kali Ciliwung di Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, ternyata terjadi karena hal konyol. 

Sekretaris Kelurahan Kwitang, Sauri, mengungkapkan hal tersebut. 

Sauri menjelaskan robohnya rumah-rumah disana akibat buruknya perencanaan saat pembangunan rumah. 

"Konstruksi tidak dihitung berapa bebannya, jadi pas pasang dak (beton) lantai dua, pondasi ambles sampai akhirnya roboh," ungkap Sauri usai meninjau lokasi bencana bersama BPBD DKI Jakarta, Dinas Penanggulangan Kebakaran DKI Jakarta dan Dinas Sosial DKI Jakarta pada Minggu (1/4/2018).

Salah satu rumah yang roboh di Kwitang, Senen, Jakarta Pusat.
Salah satu rumah yang roboh di Kwitang, Senen, Jakarta Pusat. (WARTA KOTA/DWI RIZKI)

Baca: Atikah Menjerit dari Dalam Reruntuhan Rumahnya di Senen

Bencana robohnya rumah lanjutnya mirip susunan kartu domino. Sebuah rumah yang roboh menimpa rumah lainnya lantaran rumah saling menempel.

Apalagi rumah hanya ditunjang dengan tiang-tiang kayu dan lantai papan pada lantai duanya, sehingga menurutnya rumah tidak memiliki kekuatan.

"Kondisinya memang padat banget, rumahnya dari kayu, nempel-nempel semuanya. Ada sembilan rumah yang kena dampak. Empat roboh, lima terlokalisir. Kita masih rembukan sama warga karena kalau salah satu rumah kita bongkar, rumah lainnya pasti roboh juga, dan begitu seterusnya," ungkap Sauri.

"Ini harus menjadi pelajaran, semuanya itu harus pakai perencanaan, IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) misalnya, ijin itu harus diurus bukan untuk mempersulit, tapi untuk cegah hal-hal seperti ini nggak kejadian lagi," kata Sauri. 

Dapur umum yang terpaksa didirikan karena insiden rumah roboh.
Dapur umum yang terpaksa didirikan karena insiden rumah roboh. (WARTA KOTA/DWI RIZKI)

Baca: Masjid Mirip Taj Mahal di Danau Sunter Bikin Takjub, Pendirinya Tak Diduga

Baca: Sore Ini, Jalan Tol Jakarta-Cikampek Dipastikan Macet Parah

Seperti diketahui sebelumnya, bencana rumah roboh terjadi di permukiman padat penduduk pinggir Jalan Inspeksi Kali Ciliwung, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat pada Sabtu (31/3/2018) malam. Empat buah rumah warga dilaporkan roboh, tiga orang warga terluka.

Korban luka antara lain, Erna (49) dan Atikah (45) warga Jalan Kembang V RT 03/02 Kwitang, Senen, Jakarta Pusat serta seorang anak telah dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Kedua ibu rumah tangga itu dirawat karena luka pada bagian kepala, sedangkan seorang anak sudah diperbolehkan pulang karena tidak mengalami luka serius.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved