Breaking News:

Warga Condet Gelar Festival untuk Bangkitkan Potensi Budaya dan Kuliner

Untuk mencegah hal itu, perlu peran serta masyarakat dan pemerintah, agar budaya tersebut tetap eksis.

WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO
Festival Condet di Jalan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (31/3/2018). 

WARTA KOTA, KRAMAT JATI - Perkembangan zaman serta kemajuan teknologi mulai mengikis ciri khas budaya setiap daerah. Bahkan, beberapa daerah mulai kehilangan jati dirinya.

Untuk mencegah hal itu, perlu peran serta masyarakat dan pemerintah, agar budaya tersebut tetap eksis.

Seperti yang dilakukan oleh warga Condet hari ini, yang menggelar Festival Condet di Jalan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur. Mengusung tema Condet Punye Potensi, festival ini ingin menunjukkan bahwa Condet memilik potensi wisata dan budaya yang harus dikembangkan.

Baca: Sandiaga Uno Minta Warga Lestarikan Salak dan Dodol Condet

"Condet itu kan sudah masuk dalam kawasan budaya. Ketika jadi destinasi wisata, kami juga harus berpikir wisata apa yang akan kami angkat. Untuk itu, melalui Condet Kita Foundation, kami bikin peta Condet beserta konten yang ada di Condet, seperti konten kuliner, budaya, dan lingkungan hidupnya," jelas Ketua Humas Condet Kita Foundation Yusar Mikail, Sabtu (31/3/2018).

Condet, lanjutnya, memiliki ciri khas kuliner, salah satunya adalah dodol. Ada juga Duku dan Salak Condet, yang menjadi ikon DKI Jakarta. Yang lebih penting, Condet juga memiliki Sungai Ciliwung.

Lewat festival ini, lanjut Yusar, pihaknya juga ingin mendorong masyarakat agar dapat berkembang di sektor perekonomian, yakni dengan cara menyajikan kuliner khas Condet, dan warga yang membuatnya adalah warga sekitaran Condet sendiri.

Baca: Sasana Bhayangkara Diharapkan Bisa Atasi Masalah Tawuran Pelajar

"Kita bikin festival karena ingin menunjukan bahwa ini loh yang Condet punya. Karena apa? Condet ini masuk dalam daftar wisata tahunan Jakarta," kata Yusar.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sangat mengapresiasi festival ini, yang mengangkat kearifan lokasi sekitar wilayah Condet.

"Condet memiliki 20 situs sejarah, di sini salah satunya punya potensi kuliner Betawi, yaitu dodol Condet, duku, dan salak Condet yang menjadi ikon. Tentunya pemerintah harus hadir untuk mendorong dalam kegiatan akar rumput seperti ini, mengangkat kearifan lokal dan membuka lapangan kerja," papar Sandi.

Festival Condet Punye Potensi digelar hingga Minggu (1/4/2018) besok. (*)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved