Kasus Pengelolaan Keuangan RW di Jakarta Utara Berbuntut Panjang

Keributan masalah pengelolaan keuangan yang terjadi antara warga RW 09 Kelurahan Papanggo Jakarta Utara dengan pengurus RW setempat terus bergulir.

Kasus Pengelolaan Keuangan RW di Jakarta Utara Berbuntut Panjang
Warta Kota/Hamdi Putra
Rumah Ketua RW 09 Hasan Sunardi di Komplek Bisma, RW 09, Kelurahan Papanggo, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Rabu (28/3/2018). 

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK-Kasus keributan masalah pengelolaan keuangan yang terjadi antara warga RW 09 Kelurahan Papanggo Jakarta Utara dengan pengurus RW setempat, mendapatkan perhatian dari Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Heriandi Lim dan Kabiro Tapem Setda DKI, Premi Lasari.

Menurutnya, Lurah Papanggo dan Camat Tanjung Priuk harus ikut bertanggungjawab dengan melakukan pembinaan terhadap pengurus RW 09.

"Semua warga sudah tahu mengenai adanya pungutan uang dari iuran swadaya masyarakat, sumbangan dan jaminan pembangunan rumah yang jumlahnya tidak sedikit. Urusan uang warga itu sangat sensitif dan harus benar-benar dikelola serta dapat dipertanggungjawabkan oleh pengurus RW, apalagi jumlahnya besar," tutur Heriandi Lim kepada Warta Kota, Jum'at (30/3/2018).

Ia mengaku heran bahkan terkejut mendengar Ketua RW 09, Hasan Sunardi yang menggugat warganya ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara atas tuduhan Perbuatan Melawan Hukum.

"Warga kan berkewajiban membayar iuran, sumbangan dan jaminan. Setelah semua itu ditunaikan, saya rasa warga berhak juga mendapatkan laporan pertanggungjawaban atas pengelolaan uang tersebut. Kenapa sekarang malah larinya ke gugatan pengadilan atas tuduhan perbuatan melawan hukum?" imbuhnya.

Ia mengatakan, Pengurus DPW PKB DKI Jakarta akan memberi perhatian penuh pada kasus tersebut, apalagi Ketua RW 09 sampai menyeret warganya ke meja hijau.

"Jika sampai pihak lurah atau camat tidak bisa membina dan menyelesaikan RW-nha, maka DPW PKB akan meminta Fraksi PKB di DPRD untuk mendengarkan penjelasan langsung dari atasan lurah maupun camat tersebut. Harus ada yang bertanggungjawab atas persoalan ini! tutup Heriandi Lim.

Sementara itu, Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, pihaknya akan memonitor atau melakukan pengawasan serta tindak lanjut terhadap pengurus RW 09, Lurah Papanggo dan Camat Tanjung Priuk.

"Kami akan monitor tindak lanjut hasil rapat," jelasnya.

Beberapa orang warga RW 09 Kelurahan Papanggo, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, digugat oleh Ketua RW 09 Hasan Sunardi ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara atas dugaan Perbuatan Melawan Hukum (PMH).

Halaman
12
Penulis:
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved