Breaking News:

Berita Duka

Ayah Probosutedjo Dibunuh Belanda Karena Lindungi Letkol Soeharto

Di Kemusuk ada makam para pejuang Serangan Umum 1 Maret. Nama pemakamannya Somenggalan. Letaknya di Desa Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul.

Penulis: Achmad Subechi | Editor: Achmad Subechi
National Geographic
Soekarno dipaksa tanda tangan Super Semar oleh kubu Soeharto. 

WARTA KOTA, PALMERAH--Sampai detik ini belum diperoleh informasi apa nama lokasi pemakaman jenazah Probosutedjo, di Kemusuk, Yogyakarta.

Di Kemusuk ada makam para pejuang Serangan Umum 1 Maret. Nama pemakamannya Somenggalan. Letaknya di Desa Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul.

Di pemakaman itu, ada makam R Atmo Prawiro. Almarhum adalah ayah kandung Probosutedjo yang dieksekusi tentara Belanda karena bersikeras tidak memberitahukan informasi mengenai keberadaan Letkol Soeharto.

Belum lama ini, warga Desa Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, menggelar upacara dan ziarah tabur bunga memperingati Serangan Umum 1 Maret di komplek Makam Somenggalan, desa setempat, Rabu (28/2/2018).

Dipimpin Camat Sedayu, Fauzan Muarifin, upacara dihadiri berbagai unsur masyarakat mulai dari TNI-Polri, jajaran Muspika desa setempat, para veteran pejuang, pelajar, maupun masyarakat sekitar dusun Kemusuk.

Ikut hadir dalam acara itu kerabat Presiden kedua RI, Jenderal Besar HM Soeharto. Mereka adalah Soeharjo Soebardi dan istrinya serta anggota keluarga lainnya.

Menurut informasi dari Cendananews.com, makam Somenggalan merupakan tempat pemakaman para pejuang asal dusun Kemusuk yang gugur mempertahankan kemerdekaan pada masa pendudukan tentara Belanda.

Di masa Agresi Militer II pada 1948-1949, khususnya saat menghadapi tentara Belanda yang datang ke dusun Kemusuk untuk mencari Presiden Soeharto, yang saat itu masih berpangkat letnan kolonel.

Tercatat ada sekitar 202 warga dusun Kemusuk yang gugur dan dimakamkan di makam Somenggalan.

Di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, juga ada Museum Soeharto.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved