Air Siap Minum dari Keran Bakal Dipasang di Jakarta

Masyarakat, kata Direktur Utama PAM Jaya Erlan Hidayat, dapat meminum langsung air dari keran water fountain.

Air Siap Minum dari Keran Bakal Dipasang di Jakarta
WARTA KOTA/DWI RIZKI
Direktur Utama PAM Jaya Erlan Hidayat mencoba air olahan, setelah membuka acara Run For Water di area car free day, Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (25/3/2018) pagi. 

WARTA KOTA, TANAH ABANG - Water fountain atau air minum siap konsumsi yang dikenalkan PT PAM Jaya dalam Peringatan Hari Air Sedunia, bakal disediakan di setiap sudut Jakarta.

Masyarakat, kata Direktur Utama PAM Jaya Erlan Hidayat, dapat meminum langsung air dari keran water fountain, tanpa perlu khawatir karena air sudah dimurnikan.

Layanan tersebut, jelasnya, merupakan bentuk dukungan PT PAM Jaya serta kedua mitra, PT Palyja dan PT Aetra, terkait kampanye cinta lingkungan yang terus digaungkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Terlebih, adanya gerakan berlari dan bersepeda yang dilakoni Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno setiap Jumat.

Baca: PAM Kenalkan Air Olahan Siap Minum

"Fasilitas air minum ini akan dipasang bertahap di semua public service di Jakarta, masyarakat bisa minum langsung dari keran," ungkap Erlan ketika mencoba langsung air hasil pemurnian PT Palyja usai membuka acara Run For Water di area car free day, Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (25/3/2018) pagi.

Alasan mengapa water fountain dapat langsung dikonsumsi, tutur Erlan, karena air telah melalui proses pemurnian lewat mesin khusus yang terpasang pada setiap titik instalasi. Sehingga, berbeda dengan air pipa jaringan distribusi yang harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

"Kenapa begitu? Water fountain berbeda dengan pipa jaringan terdistribusi. Pasokan air water fountain sudah dimurnikan lewat mesin, sedangkan pipa jaringan belum. Jadi kualitas air minum sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492 Tahun 2010," jelasnya.

Baca: Ingin Kuliah Hukum di UI, Nikita Mirzani: Biar Begini-begini Otak Gua Tuh Pinter

Terkait pemasangan instalasi water fountain, Erlan mengaku belum dapat menyebutkan lokasinya. Mengingat, sejumlah aspek harus disiapkan, di antaranya ketersediaan pasokan air, penempatan mesin pemurnian, serta pengawasan instalasi water fountain.

Namun, lanjutnya, water fountain idealnya akan dipasang di area pejalan kaki dan sepeda, seperti trotoar Sudirman-Thamrin yang kini tengah dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sehingga, masyarakat mudah mengakses air minum ketika beraktivitas.

"Sekarang ini (water fountain) sudah terpasang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma, sekolah, juga tempat strategis lainnya. Area pejalan kaki seperti trotoar memang sangat ideal, tetapi harus dilihat banyak aspek mulai dari instalasi sampai perawatan, belum lagi kesadaran masyarakat menjaga fasilitas umum yang masih rendah," paparnya. (*)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved