Breaking News:

Trump Cabut Larangan Transgender Berdinas di Militer, tapi dengan Catatan

Dari 1,3 juta personil aktif di militer AS, 15.000 di antaranya transgender. Dengan kebijakan Trump, banyak transgender yang bakal didiskualifikasi

AP/Manuel Balce Ceneta/thenation.com
DONALD Trump, Presiden AS 

WARTA KOTA, WASHINGTON DC --- Presiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump dilaporkan meneken memorandum soal kebijakan larangan transgender berdinas di militer.

Dikabarkan kantor berita AFP Sabtu (24/3/2018), dalam memorandum barunya, Trump memutuskan untuk mencabut larangan yang dikeluarkan 25 Agustus 2017 itu.

"Selain itu, saya juga memutuskan untuk mencabut kebijakan lain sebagai bentuk penghormatan saya atas jasa yang diberikan mereka di militer," kata Trump dalam memonya.

Namun, sebagai gantinya, Trump menyerahkan tanggung jawab untuk menyeleksi transgender yang dianggap tidak layak berdinas kepada Kementerian Pertahanan, dan Kementerian Keamanan Dalam Negeri.

Dalam memo tersebut, transgender yang dilarang berdinas di militer adalah mereka yang mengalami disforia gender.

Baca: Tes Kejujuran, Aktris Porno Ini Tak Bohong soal Hubungannya dengan Trump

Dalam situs helloSEHAT, disforia gender adalah kondisi di mana seseorang mengalami ketidaknyamanan antara jenis kelamin biologis dengan identitas gender mereka.

Pentagon menyatakan, terdapat beberapa pengecualian dalam kebijakan Trump tersebut. Antara lain, stabil selama tiga tahun beruntun untuk bertahan dengan jenis kelamin biologis mereka.

Selain itu, pengecualian diberikan bagi transgender yang tidak butuh operasi ganti kelamin, atau mengabdi di era Presiden Barack Obama.

Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders menjelaskan, memo tersebut dibuat setelah studi yang dilakukan veteran perang, pemimpin sipil, maupun pejabat militer. Dilansir CNN, Sanders menjelaskan kalau memo tersebut membantu militer mengaplikasikan standar kesehatan fisik dan mental.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved