VIDEO: Peringati Earth Hour 2018, Lampu Gelora Bung Karno Padam 1 Jam

"Simbol 60 itu mengartikan satu jam. Selama satu jam ini kami mengajak masyarakat Indonesia dan Jakarta untuk memadamkan listrik..."

VIDEO: Peringati Earth Hour 2018, Lampu Gelora Bung Karno Padam 1 Jam
Warta Kota/Rangga Baskoro
Penyelenggara mempersiapkan lilin yang membentuk 60+ setelah prosesi pemadaman lampu dilakukan tepat pada pukul 20.30 WIB di Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu (24/3/2018) malam. 

WARTA KOTA, TANAH ABANG --- Memperingati Earth Hour 2018, Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) bekerjasama dengan Inasgoc dan WWF Indonesia melakukan kegiatan pemadaman listrik di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Galih Aji Prasongko, Koordinator WWF Indonesia mengatakan kegiatan pemadaman listrik dilakukan di seluruh dunia di hari ini dengan jam yang berbeda.

"Ini merupakan kegiatan Earth Hour yang dilakukan di seluruh dunia dengan jam yang berbeda-beda sebagai upaya menguragi dampak perubahan iklim dan bioversity alam," kata Galih di SUGBK, Jakarta, Sabtu (24/3/2018) malam.

Penyelenggara mempersiapkan lilin yang membentuk 60+ setelah prosesi pemadaman lampu dilakukan tepat pada pukul 20.30 WIB.

"Simbol 60 itu mengartikan satu jam. Selama satu jam ini kami mengajak masyarakat Indonesia dan Jakarta untuk memadamkan listrik dalam rangka Earth Hour," ujarnya.

Sedangkan tanda plus mengartikan harapan dari kegiatan tersebut yang menginginkan agar masyarakat bisa menjadikan kegiatan penghematan listrik sebagai gaya hidup sehari-hari.

Sementara itu, Gatot Tetuko Direktur Operasional PPK GBK mengatakan bahwa pihaknya selalu berusaha berada di garis terdepan dalam upaya penyelamatan lingkungan.

"Kami memadamkan listrik di sekitar SUGBK untuk memperingati Earth Hour 2018. Kami matikan selama 1 jam, ini merupakan bentuk simbolis dari kami bahwa kami juga menaruh perhatian yang tinggi terhadap konservasi bumi," tutur Gatot. 

Bentuk kepedulian PPK GBK dibuktikan dengan pembuatan beberapa venue yang menggunakan tenaga listrik solar cell. Selain itu, banyaknya daerah hijau di sekitar GBK juga berfungsi sebagai paru-paru kota Jakarta.

"Bentuk kepedulian kami misalnya, posisi GBK ini di tengah-tengah Jakarta ya. Ini juga merupakan paru-paru kota. Di sini saja banyak satwa seperti 150 jenis burung. Venue utama kami juga banyak yang mengunakan solar cell seperti di kolam renangnya. Ke depan gedung parkr kami juga akan pakai solar cell," katanya.

Kegiatan Earth Hour 2018 dilakukan serentak di sejumlah tempat di Jakarta. Pemadaman listrik juga dilakukan di tujuh ikon kota Jakarta, yaitu Gedung Balaikota, Monas, Patung Tugu Tani, Patung Pemuda, Patung Sudirman, Patung Arjuna Wiwaha, Monumen Selamat Datang dan juga di Simpang Susun Semanggi. 

Saksikan videonya:

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved