Tragedi Tank Terperosok, Mabes TNI AD Ungkap Hasil Investigasi

TNI merilis hasil investigasi tank terperosok. Inilah hasil investigasi tersebut.

Tribun Jateng
Peristiwa kecelakaan terjadi pada kendaraan lapis baja Tank milik TNI AD di Sungai Bogowonto, Kabupaten Purworejo, Sabtu (10/3/2018). Evakuasi tank tenggelam masih berlangsung. 

WARTA KOTA, SAWAHBESAR -- Asisten Pengamanan Kepala Staf TNI AD (Aspam Kasad) Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan hasil investigasi atas tragedi terperosoknya Tank M113A1 dari kesatuan Batalyon Infanteri 412/Bharata Eka Sakti Purworejo di Sungai Bogowonto yang terjadi pada Sabtu (10/3/2018) lalu.

Rahmad menceritakan kegiatan outbound tersebut melibatkan anak-anak TK dan PAUD Ananda, Sindurjan, Purworejo dalam rangka memperkenalkan alutsista milik TNI AD.

"Kegiatan pada sabtu 10 Maret mulai dari pukul 08.30 WIB. Selama melaksanakan outbond, peserta melaksanakan kegiatan pengenalan tank. Dalam kegiatan ini ada tiga tank yang berbeda dengan tipe yang sama," ujar Rahmad di Kartika Media Center, Dispenad, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (21/3/2018).

Baca: Harapan Ayah Marcus Gideon yang Sederhana

Baca: Anak Pengusaha Perhiasan Bawa Orangtua Palsu di Pernikahannya

Anak-anak beserta guru juga mengikuti konvoi menaiki tank. Rencananya, rombongan konvoi tersebut akan diajak mengelilingi delta Sungai Bogowonto hingga kemudian kembali lagi ke markas berjarak kurang lebih 300 meter.

"Kegiatan dibagi dua gelombang dengan ketiga tank lakukan kegiatan yang sama. Gelombang pertama aman. Gelombang kedua dilakukan pada pukul 09.50. Tank pertama dan kedua bisa melintasi Sungai Bogowonto dengan aman," katanya.

Namun tank ketiga terperosok ke dalam sungai sedalam 1,5 meter. Akibatnya, seluruh penumpang terlempar ke sungai. Dua korban jiwa timbul bukan dikarenakan kecelakaan tersebut.

"Keduanya meninggal di rumah sakit akibat kelelahan fisik setelah menolong anak-anak," ucapnya.

Korban meninggal atas nama Pratu Randi Suryadi dan Kepala Sekolah Iswandari. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved