Advertorial

Elang Bondol, Si Maskot Jakarta yang Hampir Punah

Tidak banyak yang tahu bahwa Elang Bondol (Haliastur Indus) merupakan maskot Provinsi DKI Jakarta.

Elang Bondol, Si Maskot Jakarta yang Hampir Punah - elang-3_20180320_181947.jpg
Elang 3
Elang Bondol, Si Maskot Jakarta yang Hampir Punah - elang_20180320_182004.jpg
Elang
Elang Bondol, Si Maskot Jakarta yang Hampir Punah - elang-2_20180320_181843.jpg
Elang 2
Elang Bondol, Si Maskot Jakarta yang Hampir Punah - warkot-elang_20180320_181843.jpg
Warkot Elang

WARTA KOTA, JAKARTA - Tidak banyak yang tahu bahwa Elang Bondol (Haliastur Indus) merupakan maskot Provinsi DKI Jakarta. Hewan endemik ini yang dilindungi oleh UU No.5 tahun 1990 dan diatur dalam PP No.7 tahun 1999 ini bahkan menjadi maskot untuk logo Trans Jakarta

Tidak banyak yang tahu juga bawah saat ini keberadaan Elang Bondol terancam punah. Populasi spesies langka ini di Jakarta dan Kepulauan Seribu sudah semakin mengkhawatirkan.

Data dari Lembaga pemerhati satwa liar Jakarta Animal Aid Jakarta (JAAN) menunjukkan populasi Elang Bondol di Kepulaun Seribu dan Jakarta saat ini tidak lebih dari 25 ekor.

“Populasi Elang Bondol di Kepulauan Seribu semakin memprihatinkan. Survei yang kami lakukan pada 2013 lalu, jumlah burung khas Jakarta ini tidak lebih dari 25 ekor. Kondisi ini tentu saja memprihatinkan. Jika tidak dicegah, satwa ini akan segera punah,”kata Benvika, Ketua JAAN kepada Warta Kota, Jumat (16/3).

Menurut Benvika, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utama makin langkanya populasi Elang Bondol. Sebut saja, masih tingginya tingkat perburuan, penjualan dan pemeliharaan secara illegal serta kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap nilai penting keberadaan Elang Bondol di alam terhadap ekosistem.

“Kami berharap agar perburuan dan perdagangan Elang Bondol di Jakarta dihentikan sehingga satwa khas ini tidak hilang dari kawasan ini,” ujarnya.

Sebagai lokasi konservasi, Pulau Kotok di Kepulauan Seribu pun dipilih karena pulau ini memiliki pusat konservasi Elang laut. Kondisi Pulau Kotok dinilai cocok dengan karakteristik Elang Bondol yang merupakan salah satu jenis Elang Laut.

"Ini adalah salah satu pusat sanctuary jenis elang air di Indonesia. Di sini ada beberapa jenis Elang Laut seperti Elang Bondol, Elang Laut, Elang Tiram dan Elang Kepala Abu," ujar Benvika.

Eco Camp

Berdasarkan kondisi inilah, Pertamina Marketing Operation Region III ikut andil melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam menjaga Elang Bondol dari kepunahan.  Upaya Pertamina mendukung pelestarian Elang Bondol di Pulau Kotok, Kepulauan Seribu, sudah dimulai sejak tahun 2016 bersama Jakarta Animal Aid Network.

Halaman
123
Editor: Andy Prayogo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved