Pesawat Jatuh

Pesawat Terbang Jatuh Timpa Rumah, Satu Keluarga Tewas

Lima orang di dalam rumah yang masih satu keluarga, yakni dua orang dewasa dan tiga anak-anak, turut menjadi korban tewas.

Pesawat Terbang Jatuh Timpa Rumah, Satu Keluarga Tewas
Tribun Jogja
Petugas memeriksa lokasi jatuhnya pesawat yang menimpa rumah di Filipina, Sabtu (17/3/2018). 

WARTA KOTA - Sebuah pesawat terbang ringan jatuh dan menimpa sebuah rumah di Filipina, Sabtu (17/3/2018).

Seluruh penumpang dan kru pesawat, serta warga di dalam rumah dilaporkan tewas.

Menurut laporan otoritas provinsi, insiden jatuhnya pesawat terjadi di Plaridel, provinsi Bulacan, sekitar pukul 11.20 waktu setempat.

Informasi dari Otoritas Penerbangan Sipil Filipina (CAAP) menyebut ada lima orang di dalam pesawat yang lepas landas dari bandara Plaridel, yakni tiga orang penumpang, seorang pilot dan seorang kepala mekanik.

Pesawat jatuh di kawasan perumahan di Barangay Lumangbayan, Plaridel, menimpa sebuah rumah dengan lima orang berada di dalamnya saat insiden terjadi.

Lima orang di dalam rumah yang masih satu keluarga, yakni dua orang dewasa dan tiga anak-anak, turut menjadi korban tewas.

Kepala Kantor Manajemen dan Pengurangan Risiko Bulacan, Liz Mungcal menyampaikan, lima orang yang tewas di dalam rumah adalah seorang perempuan dengan tiga anaknya yang berusia 7, 10, dan 17 tahun, serta nenek mereka yang berusia 75 tahun.

Polisi mengeluarkan hingga 10 jenazah dari lokasi kecelakaan, namun beberapa di antaranya sudah dalam kondisi hangus terbakar dan sulit dikenali sehingga akan dilakukan proses identifikasi lebih lanjut.

Baca: Utang Indonesia Membengkak Jadi Rp 4.034 Triliun, Anggaran Pendidikan dan Kesehatan Bisa Jadi Korban

Otoritas Penerbangan Sipil Filipina (CAAP) mengatakan dalam sebah pernyataan awal, pesawat tersebut sedang dalam perjalanan menuju ko kota Laoag di Ilocos Norte, provinsi di utara Filipina.

"Tim penyelidik dari CAAP bersama tim dari Jasa Inspektorat dan Keamanan Penerbangan (FSIS) telah diberangkatkan ke lokasi kecelakaan," demikian pernyataan CAAP.

Baca: Beda Gaya Anies dan Ahok Saat Anak Buah Mengundurkan Diri

Pesawat yang terjatuh tersebut diketahui merupakan pesawat bermesin ganda, Piper PA-23 Apache milik maskapai Lite Air Express.

Seluruh pesawat milik maskapai tersebut terpaksa dilarang terbang hingga menunggu hasil penyelidikan. (iwanoganapriansyah)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pesawat Jatuh Menimpa Rumah di Filipina, 10 Orang Tewas"

Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved