Bike Friday akan Lengkapi Kebijakan yang Dicanangkan Jokowi

Sejalan dengan kebijakan Joko Widodo, ASN diminta untuk bersepeda menuju kantor setiap hari Jumat.

Kompas.com
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiasturi bersepeda. 

WARTA KOTA, BALAI KOTA -- Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 150 tahun 2013 tentang Larangan Penggunaan Kendaraan Pribadi Bagi Pegawai Negeri Sipil maupun Pejabat Pemprov DKI Jakarta pada hari Jumat di Minggu pertama kian disempurnakan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno.

Sejalan dengan kebijakan Joko Widodo kala menjadi Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012 itu, Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta untuk bersepeda menuju kantor setiap hari Jumat.

Gerakan yang disebutnya sebagai Bike Friday itu dilakoninya bersama anggota komunitas sepeda serta kalangan pengusaha pada Jumat (16/3/2018) pagi itu senyatanya untuk mendorong agar para ASN lebih sehat dan bugar.

Selain itu, perjalanan yang ditempuhnya dari komplek Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menuju Balaikota, Gambir, Jakarta Pusat itu sengaja dilakoninya untuk menilik lebih dekat kondisi infrastruktur jalan saat ini.

"Kita mulai menjalankan Bike Friday, jadi saya mendukung sekarang komunitas- komunitas, kita mulai dorong untuk setiap Jumat bersepeda ke kantor," ungkapnya kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat pada Jumat (16/3/2018).

Karena itu, dirinya berjanji akan terus meningkatkan fasilitas khusus pejalan kaki dan sepeda. Sebab, selama perjalanan dirinya menemukannya sejumlah titik berbahaya bagi pesepeda, antara lain alur permukaan jalur sepeda yang dibuat searah dengan jalan di depan kantor IOB Bank, Dukuh Atas, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Gorong-gorong di depan IOB di Dukuh Atas itu ada beberapa, saya udah pesan ke Bina Marga, jangan disesuaikan sama arah jalan gitu, harus diagonal atau paling bagus sih kalau menyilang, jangan searah dengan jalur tersebut," ungkapnya.

Tidak hanya infrastruktur, toleransi pengendara bermotor katanya juga sangat rendah.

Belum lagi sejumlah bus sedang yang ditemuinya dalam perjalanan, kedua bus yang dimintanya untuk ditindak Dinas Perhubungan DKI Jakarta itu sangat mencemari udara.

"Tadi ada dua kopaja yang ketangkap ngebul dan kita laporin, mudah-mudahan ditindak Dishub karena mau Asian Games, kita harus betul-betul jaga udara Jakarta betul-betul bebas dari polusi," jelasnya.

Sandiaga juga menegaskan, jalur khusus sepeda akan diadakan.

"Nanti, kita tingkatkan terus fasilitas, karena tadi banyak masukan juga untuk buat jalur sepeda dan meningkatkan kewaspadaan dari pada pengguna jalan untuk menghormati para pesepeda ini," katanya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved