DP Nol Rupiah

Warga Jakarta Bergaji UMP Tak Bisa Beli Rumah DP Nol Rupiah

Agustino menjelaskan bahwa masyarakat dengan penghasilan UMP atau setara Rp 3,6 juta, tidak dapat mencicil hunian tersebut.

Warga Jakarta Bergaji UMP Tak Bisa Beli Rumah DP Nol Rupiah
WARTA KOTA/YOSIA MARGARETTA
Pemprov DKI Jakarta menjelaskan skema rumah DP Rp 0 kepada awak media di Balai Kota, Rabu (14/3/2018). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Program hunian DP Rp 0 yang diusung Pemprov DKI Jakarta, ternyata tidak dapat dimiliki oleh warga berpenghasilan Upah Minimum Provinsi (UMP).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan, dalam acara sosialisasi dan pendalaman materi kepada jurnalis tentang program hunian DP Rp 0, di Balai Kota, Rabu (14/3/2018).

Dalam pemaparannya, Agustino menjelaskan bahwa masyarakat dengan penghasilan UMP atau setara Rp 3,6 juta, tidak dapat mencicil hunian tersebut.

Baca: Survei Alvara: 60 Persen Responden Setuju Prabowo Subianto Berpasangan dengan Anies Baswedan

"Kalau program DP 0 Rupiah ini minimal gaji Rp 4 juta, maksimal Rp 7 juta. Untuk yang UMP bisa membeli rusunawa," ujarnya.

Tidak bisanya masyarakat berpenghasilan UMP, karena ada peraturan Bank Indonesia yang mewajibkan maksimal cicilan seseorang adalah 30 persen dari penghasilan.

Sedangkan 30 persen dari gaji UMP hanya Rp 1,095 juta, yang artinya tidak memenuhi cicilan program DP Rp 0, yakni Rp 1,2 juta. (*)

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved