PKL Sekitar Pasar Induk Kramatjati akan segera Direlokasi karena Picu Kemacetan

Pedagang akan ditempatkan dalam Lokasi Binaan (Lokbin) milik DKI Jakarta yang tersedia.

Penulis: | Editor: Gede Moenanto
Warta Kota/Dwi Rizki
Langkah tersebut menurutnya sangat tepat, mengingat kedua Lokbin tersebut dalam kondisi kosong. Selain itu, area relokasi yang berada tidak jauh dari Rumah Sakit Pusat Polri Sukanto Kramatjati itu berdekatan dengan lapak PKL liar saat ini. 

WARTA KOTA, KRAMATJATI -- Picu kemacetan hingga mengotori jalan, puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang kini menguasai Jalan Raya Bogor, tepatnya sekitar Pasar Induk Kramatjati, Kramatjati, Jakarta Timur diungkapkan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta, Irwandi akan ditindaklanjuti lewat relokasi.

Pedagang akan ditempatkan dalam Lokasi Binaan (Lokbin) milik DKI Jakarta yang tersedia.

"Kita mau tata, kita kan ada dua Lokbin di sekitar Kramatjati, yaitu Lokbin Susukan dan Lokbin Cililitan, juga tempat lainnya agar tidak berdagang di bahu jalan," ungkapnya dihubungi pada Selasa (13/3/2018).

Langkah tersebut menurutnya sangat tepat, mengingat kedua Lokbin tersebut dalam kondisi kosong.

Selain itu, area relokasi yang berada tidak jauh dari Rumah Sakit Pusat Polri Sukanto Kramatjati itu berdekatan dengan lapak PKL liar saat ini.

"Nanti, dibuat pengkhususan (area pedagang), misal pedagang duren yang ada di sana (depan Rumah Sakit Harapan Bunda hingga depan Gudang Air), nanti dibuat khusus sebagai pusat penjualan duren, mirip Kalibata. Seperti di sana kan jadi bagus," jelasnya.

"Intinya, sekali lagi, penataan agar mengangkat potensi usaha," tutupnya menambahkan.

Seperti diketahui sebelumnya, seiring dengan semakin siangnya hari, lalulintas di Jalan Raya Bogor, tepatnya depan Pasar Induk Kramatjati, Kramatjati, Jakarta Timur semakin padat. Para pengendara bermotor terlihat mengantre rapat, melintas pelan lantaran sebagian lajur jalan digunakan pedagang kaki lima (PKL) sebagai lapak berjualan.

Pemandangan tidak menyenangkan itu kembali terulang pada Selasa (13/3/2018) pagi. Warta Kota yang berkendara dari arah Pasar Rebo menuju Cililitan kembali terjebak macet karena ramainya aktivitas PKL yang tersebar mulai dari seberang Rumah Sakit Harapan Bunda hingga depan Mapolsek Ciracas.

Antrean kendaraan yang sudah terlihat sejak menuruni Flyover Pasar Rebo itu mencapai puncaknya di sekitar Pasar Induk Kramatjati. Kendaraan yang menuju Cililitan berjalan pelan karena di antara jejeran lapak PKL, putaran arah serta ramainya kendaraan dari ataupun menuju Pasar Induk Kramatjati turut menyita waktu para pengendara. (dwi)

Foto Pribadi

Pedagang Kaki Lima (PKL) menggelar lapak dagangan di pinggir Jalan Raya Bogor, tepatnya usai gerbang keluar Pasar Induk Kramatjati, Kramatjati, Jakarta Timur. Akibatnya, Jalan Raya Bogor mulai dari seberang Rumah Sakit Harapan Bunda hingga depan Mapolsek Ciracas macet sepanjang hari.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved