Komplotan Pencuri Mobil Dikejar Sampai Subang

Unit III Ranmor Satreskrim Jakarta Selatan membongkar sindikat pencuri kendaraan roda empat yang kerap beroperasi di wilayah Jakarta.

Penulis: Feryanto Hadi | Editor: Andy Pribadi
Warta Kota/Feryanto Hadi
Sejumlah barang bukti alat kejahatan mulai dari mobil operasional para pelaku, handphone, bor besi, kunci letter T, gergaji besi, obeng dan beberapa alat bukti lain, diamankan polisi. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU -- Unit III Ranmor Satreskrim Jakarta Selatan membongkar sindikat pencuri kendaraan roda empat yang kerap beroperasi di wilayah Jakarta.

Di bawah komando Kanit Ranmor AKP Egidio, tiga orang anggota sindikat diringkus di persembunyiannya di wilayah Subang, Jawa Barat.

Kepala Satuan Reskrim Jakarta Selatan, AKBP Bismo Teguh Prakoso menerangkan, penangkapan ini bermula saat terjadi kasus pencurian mobil jenis Avanza dengan nomor polisi B-1356-SIM di Jalan Merpati No 30, Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada akhir Februari lalu.

Mobil curian Avanza yang telah dipasangi plat nomor palsu, yang ditemukan polisi di Subang.
Mobil curian Avanza yang telah dipasangi plat nomor palsu, yang ditemukan polisi di Subang. (Warta Kota/Feryanto Hadi)

"Pada tanggal 25 Feb 2018 pukul 21.30 Wib, korban memarkir mobil miliknya di lokasi dalam posisi semua terkunci dan kaca tertutup rapat. Pada pukul 02.00 dinihari korban bangun untuk melaksanakan sholat malam dan mendapati mobilnya sudah tidak ada," terang AKBP Bismo di Polrestro Jakarta Selatan, Selasa (13/3).

Korban bernama Andar Jaya (51) kemudian melaporkan pencurian itu kepada pihak kepolisian pada 27 Februari.

Tim di bawah komanda AKP Egidio segera melalukan penyelidikan dengan mendatangi lokasi kejadian.

Proses pencarian pelaku memerlukan analisa mendalam dikarenakan minim saksi saat terjadi pencurian itu.

AKP Egidio dalam sejumlah kesempatan mengumpulkan para anak buahnya untuk memberikan arahan-arahan.

Dan upaya gigih para polisi akhirnya mendapat titik terang. Sepekan setelah pencurian terjadi, polisi mendeteksi pelaku sudah kabur ke luar kota.

Tak ingin membuang waktu, pada Kamis 8 Maret AKP Egidio bersama beberapa personilnya berangkat ke sebuah pedesaan di Subang.

Beberapa pelaku diketahui berada di Dusun Bojong Sangkep RT 03/01, Kelurahan Bojong Tengah Kecamatan Pusakajaya.

Di sana, dalam sebuah penggrebekan yang berlangsung dramatis, polisi berhasil membekuk seorang pelaku atas nama Asep Saefullah (84).

Asep dalam komplotan ini berperan sebagai joki.

"Kemudian pengejaran kembali kami lanjutkan hingga berhasil mengamankan dua pelaku lain yakni Rumli (35) dan Budi Kusuma yang berperan sebagai pemetik mobil curian atau eksekutor," kata AKP Egidio.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved