IAW: KPK Harusnya Sidik Dugaan Penyimpangan Dana Desa di Kemendes

Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta telah memvonis dua orang dari jajaran Inspektorat Kemendes PDTT Sugito dan Jarot Budi Prabowo.

IAW: KPK Harusnya Sidik Dugaan Penyimpangan Dana Desa di Kemendes
istimewa
kawal dana desa 

WARTA KOTA, SETIA BUDI--Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta telah memvonis dua orang dari jajaran Inspektorat Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Sugito dan Jarot Budi Prabowo masing-masing kurungan penjara 1,5 tahun.

Selain keduanya, divonis juga dua auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rochmadi Saptogiri dan Ali Sadli masing-masing 7 dan 6 tahun penjara.

Selain hukuman penjara, keempatnya juga diharuskan membayar sejumlah uang denda. Sugito dan Jarot harus membayar denda masing-masing Rp 100 juta dan Rp75 juta dengan subsider 2 bulan kurungan.

Sementara Rochmadi diwajibkan untuk membayar denda Rp 300 juta subsider 4 bulan dan Ali Sadli harus membayar denda Rp 250 juta subsider 4 bulan kurungan.

Keempatnya divonis bersalah terkait suap Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Kemendes.

Ketua Pendiri Indonesia Audit Watch (IAW) Junisab Akbar mempertanyakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang hanya mampu menyeret empat orang tersebut ke dalam penjara.

Karena menurutnya, hingga kini KPK belum juga menyentuh dari esensi audit yang telah disalahgunakan oleh dua auditor BPK tersebut.

"Terlalu dangkal insting tajam aparat hukum jika berhenti atau menghentikan penyidikannya sebatas suap yang ter-OTT itu," kata Junisab Akbar di Jakarta, Senin (12/3/2018).

Menurutnya, bukti yang didapat KPK seperti kertas-kertas kerja para auditor sejak melakukan entry atau memulai pengauditan sudah lebih dari cukup untuk dijadikan sebagai alat bukti.

Apalagi ditambah dari fakta persidangan maka bukti yang didapat KPK sudah sangat layak untuk langsung menyidik Direktorat lain di Kemendes RI terkait Dana Desa. Sehingga jika dilakukan bisa memberikan rasa keadilan bagi rakyat yang selama ini telah membayar pajak.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved