Jimly Asshiddiqie: Kunci Seluruh Masalah Dunia Ada di Palestina

Jimly mengaku tak habis pikir kenapa Israel masih bersikukuh menyatakan perang dengan Palestina.

TRIBUNNEWS/SENO TRI SULISTIYONO
Jimly Asshiddiqie 

WARTA KOTA, PALMERAH - Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie mengatakan, semua pihak di dunia termasuk Indonesia, perlu bahu-membahu menyelesaikan konflik antara Palestina dan Israel yang masih berlangsung hingga saat ini.

Karena, menurut Jimly, menyelesaikan masalah Palestina-Israel sama dengan menuntaskan setengah masalah di dunia.

“Kalau masalah Palestina selesai, berarti setengah masalah dunia selesai. Kunci seluruh masalah dunia ada di sana. Seperti masalah terorisme di dunia berasal dari sana. Umat Islam yang tak bisa berbuat apa-apa menyebar ke mana-mana,” ujar Jimly di Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Baca: Ucapan Adalah Doa, Kementerian Perhubungan Ganti Nama Tanjakan Emen Jadi Tanjakan Aman

Jimly mengaku tak habis pikir kenapa Israel masih bersikukuh menyatakan perang dengan Palestina. Masalah itu pun menurutnya sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman sekarang.

“Saya tidak habis pikir kenapa selama hampir satu abad Israel masih terus menyerang Palestina? Karena secara kemajuan Israel lebih modern, sementara Palestina masih terbelakang seperti itu, apa sih ruginya? tutur Jimly.

"Kalau perjanjian damai bisa diteken, semua negara Islam siap membuka kedutaan di Israel, dan Indonesia juga mempersilakan Israel buka kedutaan di Jakarta. Masalah itu sudah tidak relevan untuk generasi zaman now,” sambungnya. (Rizal Bomantama)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved