Aan Mengaku Sepatu dan Tas Rajut Miliknya Berbeda dengan Produk Pabrik, Hanya Bermodal Rp 300.000

Aan Aprilianti setelah keluar dari pekerjaan tetap berkreatif dengan memproduksi sepatu dan tas rajut dengan label KemZo Crochet.

Aan Mengaku Sepatu dan Tas Rajut Miliknya Berbeda dengan Produk Pabrik, Hanya Bermodal Rp 300.000
Dokumen Pribadi
Sepatu rajut yang dibikin oleh Aan Aprilianti 

WARTA KOTA, PALMERAH---Aan Aprilianti (49) setelah keluar dari pekerjaan usai melahirkan anak kedua, tetap berkreatif dengan memproduksi sepatu dan tas rajut dengan label KemZo Crochet.

Sejak empat tahun lalu, ibu dua anak ini berkreasi membuat sepatu dan tas rajut di kediamannya di Vila Ciomas Indah, Bogor.

Perempuan kelahiran Jakarta 5 April 1968 itu mengatakan, keunikan dari sepatu rajut ini karena sangat berbeda dengan sepatu buatan pabrik.

Selain itu, dengan warna-warna menarik dan sangat tidak pasaran. Bahannya juga dibuat dari benang polyester nyaman dipakai.

Baca: Aan Aprilianti Tidak Khawatir Keluar dari Pekerjaannya, Ini Caranya untuk Tetap Memiliki Penghasilan

"Kalau tas bahannya bisa dari benang polyester, bisa juga dengan nilon atau katun. Bahannya semua bisa didapat di toko-toko yang menjual alat-alat rajut," kata Aan yang kala itu mengeluarkan modal Rp 300.000 untuk membeli alat dan bahan.

Model sepatu yang digarap istri dari Sukemi itu kebanyakan sepatu wanita seperti kungfu, selop, boot dan beberapa model lainnya.

"Untuk alas sepatu saya biasanya menyerahkan ke bengkel sepatu langganan. Di sini saya hanya merajut saja," kata Aan kepada Warta Kota beberapa waktu lalu.

Untuk menyulap sepatu dan tas rajut, kata Aan, masing-masing memiliki kerumitan.

"Kalau sepatu tingkat kerumitannya hanya pada ukuran kaki karena ada yang kakinya agak kurus ada juga yang agak lebar. Ini harus disesuaikan dengan hitungan pada pola agar nanti hasilnya bisa pas di kaki," katanya

Untuk proses produk satu pasang sepatu kreasinya ini, menurut Aan, paling cepat dua hari dan finishing di bengkel sepatu untuk pemasangan sol sekitar tiga hari, jadi total memakan waktu sekitar lima hari.

Produk KemZo Crochet untuk sepatu dihargai mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 800.000. Untuk tas mulai dari Rp 300.00 sampai Rp 700.000.

Selama ini produk kreasi Aan ini, baru dipasarkan secara daring (online).

"Alhamdulillah walaupun selama ini pemasaran lewat online saja atau dari mulut ke mulut tetap bisa punya penghasilan tambahan," kata Aan yang mengaku dari kreasinya ini bisa memperoleh penghasilan Rp 5 juta - Rp 8 jutaan per bulan.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved