Pertama Kali di Arab Saudi, Perempuan Ikut Lomba Marathon

Penyelenggaraan ini dilakukan dengan semakin terbukanya politik pemerintahan Raja Salman.

Pertama Kali di Arab Saudi, Perempuan Ikut Lomba Marathon
Istimewa
ILUSTRASI 

WARTA KOTA, RIYADH --- Arab saudi untuk pertama kali menyelenggarakan lomba marathon yang terbuka untuk peserta wanita. Lomba yang bertajuk Al-Ahsa ini dilangsungkan pada Sabtu (03/03/2018) waktu setempat.

Panitia menyebut sekitar 1.500 wanita mengikuti lomba yang baru pertama kali dilaksanakan di negara ini.

"Tujuan marathon ini adalah mempromosikan olahraga lari dan mengenalkan olahraga sebagai gaya hidup sehat," kata penyelenggara lomba, Malek al-Mousa seperti dikutip kantor berita Saudi, Al-Arabiya.

Baca: Makin Terbuka, Perempuan Arab Kini Boleh Nonton di Stadion

Penyelenggaraan ini dilakukan dengan semakin terbukanya politik pemerintahan Raja Salman. Februari lalu, diselenggarakan hal-marathon internasional di Riyadh. Namun penyelenggaraannya mendapat protes karena tidak menyertakan peserta wanita.

Pada 6 April mendatang akan diadakan lomba marathon buat perempuan lagi di kota suci Mekah. Penyelenggaraan event olahraga buat perempuan diadakan sejalan dengan politik Raja Salman yang lebih terbuka terhadap nilai-nilai luar.

Selain lari marathon ini, kaum perempuan di Arab Saudi juga akan mendapat hak untuk mengemudi di tempat umum pada Juni mendatang.

Baca: Raja Salman Keluarkan Dekrit, Izinkan Perempuan Arab Saudi Peroleh SIM

Sementara itu, di dunia hiburan, pemerintah Saudi Arabia akan menyelenggartakan 5000 konser dan festival pada 2018 ini. Ini merupakan jumlah kelipatan dibandingkan 2017. (Tjahjo Sasongko)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertamakali, Perempuan Ikut Lomba Marathon di Saudi Arabia"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved