Penumbuhan Wirausaha Industri Baru Memakai Metode 7-PAS OK OCE

Suku Dinas (Sudin) Perindustrian dan Energi Jakarta Barat merilis kegiatan penumbuhan wirausaha baru tahun 2018.

Penumbuhan Wirausaha Industri Baru Memakai Metode 7-PAS OK OCE
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Peserta mengikuti pelatihan wirausaha industri baru. 

WARTA KOTA, KALIDERES---Suku Dinas (Sudin) Perindustrian dan Energi Jakarta Barat merilis kegiatan penumbuhan wirausaha baru tahun 2018 di Kantor Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Senin (5/3/2018).

Ery Gazali, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Perindustrian dan Energi (PE) Kota Jakarta Barat, mengatakan, kegiatan ini menerapkan metode 7-PAS.

"Kegiatan ini dilakukan dengan metode 7 PAS (7 Langkah Pasti Sukses) yang dilalui melalui beberapa tahap, antara lain, P1 (Pendaftaran), P2 (Pelatihan), P3 (Pendampingan), P4 (Perizinan), P5 (Pemasaran), P6 (Pelaporan Keuangan), dan P7 (Permodalan)," kata Ery di aula Kantor Kecamatan Kalideres.

Baca: Produk OK OCE Menarik Minat Warga Lubuklinggau

Ery mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan ini bekerja sama dengan beberapa instansi dan pemangku kepentingan yang terkait.

"Di antaranya itu Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat, Dinas Penanaman Modal dan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, bank pemerintah, Bank DKI, dan Tim Pergerakan OK-OCE (PGO) yang kini terus bantu sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik," kata Ery.

Baca: Awal Februari 2018, 9468 UKM Terdaftar Jadi Peserta OK OCE

Kegiatan ini akan dilaksanakan di 44 kecamatan dengan jumlah pelatihan sebanyak 176 kali pelatihan, serta terdiri dari empat produk pelatihan yang di masing-masing kecamatan, yakni pelatihan makanan minuman, pelatihan fesyen, pelatihan kerajinan, dan pelatihan service elektronik.

"Ada 40 peserta di kegiatan ini (per komoditi) yang ikuti program OK-OCE (One Kecamatan One Centre of Enterpreneurship). Target kami, merekrut calon peserta ini tujuh ribu," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Yuli Hartono.

Baca: Terdata Ada Ribuan Peserta OKE OCE Daftar di Kecamatan Grogol Petamburan

Yuli mengatakan, ini menjadi tugas pokok di Dinas Perindustrian dan Energi guna melakukan pembinaan dan pengembangan industri. Di antaranya menciptakan wirausaha baru dengan melaksanakan berbagai pelatihan bagi pemula.

"Kegiatan ini dimulai secara serentak pada tiga wilayah kota da kabupaten pada 5-9 Maret 2018 di Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu," kata Yuli.

Yuli mengatakan, untuk mewujudkan penciptaan wirausaha industri baru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melaksanakan sebanyak dua kegiatan pokok.

Dua kegiatan itu adalah pembinaan untuk peningkatan kualitas yang pelaksanaannya kepada peserta pemula untuk memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan. Serta membuat laporan keuangan usaha yang nanti akan dievaluasi keberlanjutannya.

Penulis:
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved