Grandprix Jadi Doktor Termuda Indonesia, Ini Kisah Cara Didik Sang Ayah

"Saya yakin bahwa dengan didikan saya ini, kelak anak saya akan berhasil dan memang terbukti dia berhasil..."

Tribunjabar.com/Rezeqi Hardam Saputro
Grandprix Thomryes Marth Kadja, meraih gelar doktor termuda di Indonesia dalam usia 24 tahun, Jumat (22/9/2017). Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Grandprix Thomryes, Doktor Muda dari Timur Indonesia", https://regional.kompas.com/read/2017/09/22/22580041/grandprix-thomryes-doktor-muda-dari-timur-indonesia. Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani 

WARTA KOTA, KUPANG — Keberhasilan Grandprix Thomryes Marth Kadja (24) meraih gelar doktor termuda di Indonesia tidak terlepas dari dukungan orangtua.

Dukungan tersebut terutama berkat cara mendidik yang dilakukan oleh kedua orangtuanya.

Orangtua Granprix, yakni Octovianus Kadja dan Yeane Do Djeta, memang menerapkan pendidikan disiplin sejak anak mereka masih kecil.

Kompas.com pun berkesempatan menyambangi rumah orangtua Granprix di Kelurahan Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/3/2018) sore.

Grandprix, pemuda asal Kupang, Nusa Tenggara Timur itu dinyatakan lulus dengan nilai cumlaude setelah berhasil mempertahankan disertasinya pada Sidang Terbuka Sekolah Pasca Sarjana FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Jumat (22/9/2017).

Disertasinya mengangkat topik tentang zeolite sintesis, mekanisme, dan peningkatan hierarki zeolit ZSM-5. Pemuda yang menyukai karakter kartun Sinchan itu menyelesaikan program percepatan studi S2 dan S3 dalam kurun waktu hanya empat tahun.

Tidak sulit menjangkau rumah tempat Grandprix dibesarkan karena letaknya berada di perbatasan antara Kabupaten Kupang dan Kota Kupang, atau tepatnya 12 kilometer arah Timur Kota Kupang.

Pada Minggu sore, Kompas.com hanya bertemu dengan ayah Granprix, Octovianus Kadja.

Ibunya, Yeane Do Djeta yang bekerja sebagai aparatur sipil negara (ASN) di Dinas Peternakan Provinsi NTT, sedang bertugas ke luar daerah. 

Meski sedang sakit, Oktovianus pun bersemangat menceritakan semua tentang putranya mulai dari bayi hingga dewasa.

Halaman
1234
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved