Polisi Siap Tilang Mereka yang Main HP Sambil Nyetir Motor

Pengojek atau siapapun yang bermain handphone sambil mengemudikan motor akan ditilang polisi.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Max Agung Pribadi
Kompasiana.com
ILUSTRASI Menggunakan ponsel atau handphone (HP) sambil mengemudi. 

WARTA KOTA, MENTENG-Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra menegaskan, pihaknya akan menndak orang yang menggunakan ponsel saat aktivitas lalu lintas.

Halim menyatakan, menggunakan HP saat berkendara tergolong berpotensi mengganggu konsentrasi para pengendara seperti yang tercantum pada UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 Ayat 1 junto Pasal 283 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Sudah ada ketentuannya dalam Pasal 106. Kami tilang, termasuk karena pengaruh penggunaan alkohol dan narkotik itu akan ditilang," ungkap Halim di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (3/3/2018).

Ada pun penjelasan Pasal 106 ayat (1) tertulis bahwa, “Yang dimaksud dengan “penuh konsentrasi” adalah setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dengan penuh perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sakit, lelah, mengantuk, menggunakan telepon atau menonton televisi atau video yang terpasang di Kendaraan, atau meminum minuman yang mengandung alkohol atau obat-obatan sehingga memengaruhi kemampuan dalam mengemudikan Kendaraan.”

Hal itu juga berlaku bagi para pengendara ojek online (ojol) yang melihat GPS melalui ponsel saat sedang berkendara.

"Penggunaan HP itu sudah dilarang," katanya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved