JLNT Casablanca Jadi Salah Satu Sasaran Operasi Keselamatan Jaya 2018

Polisi menegaskan akan terus menindak para pemotor yang melanggar di JLNT Casablanca.

JLNT Casablanca Jadi Salah Satu Sasaran Operasi Keselamatan Jaya 2018
Warta Kota/Rangga Baskoro
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra. 

WARTA KOTA, MENTENG-Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca merupakan salah satu ruas jalan yang sering dilanggar oleh para pengendara motor.

Oleh sebab itu, ruas jalan tersebut menjadi satu dari sekian banyak lokasi yang dijadikan target untuk sasaran Operasi Keselamatan Jaya 2018.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra menyatakan dalam sehari, total pelanggaran yang terjadi di ruas jalan tersebut mencapai ratusan.

"Contohnya saja kemarin terjadi 903 pelanggaran, pada hari Sabtu (2/3) kemarin, itu satu hari saja. Dengan jumlah pelanggaran melawan arus sebanyak 361, melanggar marka jalan ada 542. Jadi memang cukup besar," ungkap Halim di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (3/3/2018).

Bahkan, pihaknya mencatat pelanggaran tersebut mengakibatkan kecelakaan hingga memakan korban jiwa.

Kecelakaan mayoritas didominasi oleh pelanggar yang menggunakan sepeda motor.

"Berdasarkan data yang kami miliki, kejadian kecelakaan lalu lintas di tahun 2016 itu ada 24 kejadian, khususnya di JLNT Casablanca. Kemudian tahun 2017, ada 23 kejadian dengan jumlah yang meninggal 23 orang. Itu bahayanya kalau roda dua melintas di JLNT Casablanca," ujarnya.

Operasi Keselamatan Jaya 2018 akan digelar selama 21 hari terhitung sejak tanggal 5-25 Maret. Kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 2.400 personel gabungan dari polisi, TNI dan Dinas Perhubungan.

Adapun hal yang menjadi fokus kegiatan operasi yakni pelanggaran terkait pengguna HP saat berkendara, melawan arus dan menaiki kendaraan roda dua lebih dari dua orang.

Sementara itu, lokasi kegiatan razia akan digelar serentak di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya termasuk ruas jalan tol, jalan protokol atau jalan utama yang menjadi tanggungjawab fungsi lalu lintas

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved