Generasi Milenial Sudah Punya Keprihatinan Terkait Sampah

Banyak dari generasi milenial saat ini sebenarnya sudah punya keprihatinan terkait sampah, namun terkadang mereka tidak tahu harus mulai dari mana.

Generasi Milenial Sudah Punya Keprihatinan Terkait Sampah
Istimewa
Ratri Wuryandari 

WARTA KOTA, PALMERAH---Ratri Wuryandari, Chief Executive Officer Ancora Foundation, mengatakan, butuh inspirasi positif dan proses pembelajaran yang konsisten untuk mengubah perilaku.

"Salah satunya dengan terus mendorong terciptanya agen-agen perubahan di tengah masyarakat," kata Ratri dalam keterangan tertulis kepada Warta Kota, Selasa (27/2/2018).

Ratri mengatakan, banyak dari generasi milenial saat ini sebenarnya sudah punya keprihatinan terkait sampah, namun terkadang mereka tidak tahu harus mulai dari mana.

Baca: Perilaku Tidak Memilah Sampah Sebelum Dibuang, Dampak Volume Sampah di Indonesia Sebanyak Ini

"Adanya program Plastic Reborn dari Coca Cola Indonesia, sedikit banyak memberikan ruang bagi mereka untuk terlibat langsung dan menjadi agen perubahan di sekolah mereka, lebih jauh lagi keluarga dan komunitas mereka," kata Ratri.

Ratri mengatakan, proses kreatif dari program itu telah dimulai sejak akhir tahun lalu. Program difokuskan di komunitas sekolah dan universitas.

Dalam enam bulan ke depan, diharapkan minimum 5 ton sampah kemasan plastik dapat terkumpul untuk kemudian dikelola dan diproses menjadi bagian dari bahan pembuat tas multifungsi.

Untuk mengelola sampah plastik itu menggandeng perusahaan pengelola sampah, Waste4Change, untuk menangani proses pengumpulan dan pengelolaan sampah kemasan plastik ini.

Ratri mengatakan, untuk proses pembuatan tas akan dilakukan bekerja sama dengan Greneration Indonesia sebuah perusahaan lokal yang juga memiliki visi dan fokus yang sama untuk menciptakan lebih banyak green merchandize.

Penulis: Aloysius Sunu D
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved