Pengembang Mulai Membuat Kawasan Baru, Ini Program Beberapa Pengembang

Beban Jakarta sebagai kota metropolitan dan sekaligus sebagai pusat pemerintahan di Indonesia semakin berat.

Editor:
Banara Serpong
Ilustrasi proyek pembangunan perumahan. 

WARTA KOTA, PALMERAH---Beban Jakarta sebagai kota metropolitan dan sekaligus sebagai pusat pemerintahan di Indonesia semakin berat.

Akibatnya, banyak menimbulkan permasalahan-pemasalahan mulai dari kemacetan lalu lintas dan permasalahan sosial lainnya.

Untuk mengurangi beban, kota-kota baru mulai berkembang di pinggiran Jakarta.

Di barat Jakarta misalnya sudah berkembang BSD City, Alam Sutera, Summarecon Serpng dan Gading Serpong. Sementara di wilayah timur ada Summaecon Bekasi, dan di selatan ada Sentul City.

Hari Gani, Wakil ketua umum DPP Real Estat Indonesia (REI), mengatakan, kota-kota baru di sekitar Jakarta akan terus bertambah ke depan untuk mengurai kepadatan yang di Ibu Kota.

Setelah pengembangan Kota Maja yang sedang berlangsung saat ini, wilayah yang propektif menjadi kota baru adalah di sekitaran Sukabumi.

Baca: Modernland Apresiasi para Agen Properti  

"Pengembangan kota baru yang tepat adalah di sekitar pengembangan proyek infrastruktur. Menurut saya, kawasan ke arah Sukabumi akan semakin berkembang untuk properti sejalan dengan pembangunan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi," kata Hari beberapa waktu lalu.

Hari mengatakan, selama ini, REI sudah banyak berkontribusi dalam pengembangan kota-kota baru di pinggiran Jakarta.

Baca: Indonesia Jadi Anggota ke-93 Real Estate Maximum

Di Kota Maja misalnya, anggota REI cukup banyak berpartisipasi dalam pengembangan kota tersebut. Menurutnya, REI telah mengembangkan 35 kota baru di Jabodetabek.

Ini rencana para pengembang untuk mengembangkan kota baru

1. PT Waskita Realty.
Perusahaan ini akan mengembangkan lahan seluas 350 hektare di wilayah Bekasi. Kawasan ini nantinya akan dikembangkan sebagai toll road city karena nantinya akan terintegrasi tol Tanjung Priok-Cibitung.

Bambang Rianto, Komisaris Utama Waskita Realty, mengatakan, di lahan tersebut nantinya akan dikembangkan perumahan, proyek-proyek vertikal dan akan dilengkapi dengan fasilitas komersial.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved