Kreasi Nusantara, Kanal Belanja Shopee Khusus Produk UMKM Lokal

Kreasi Nusantara menghadirkan beragam produk UMKM lokal mulai dari fesyen, makanan dan minuman, serta perawatan dan kecantikan...

Kreasi Nusantara, Kanal Belanja Shopee Khusus Produk UMKM Lokal
Istimewa
Co-Founder JKT Creative Iwet Ramadhan, Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UMKM Herustiati, Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan I Gusti Ketut Astawa, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Head of Government Relation Shopee Indonesia Radityo Triatmojo meluncurkan kanal belanja Kreasi Nusantara di website Shopee, di SME Tower (SMESCO), Jakarta, Selasa (27/2). Peluncuran kanal Kreasi Nusantara ini sebagai dukungan Shopee kepada produk asli Indonesia via UMKM. 

WARTA KOTA, GATOT SUBROTO --- Salah satu e-commerce yang tengah berkembang, Shopee, meluncurkan Kreasi Nusantara, yakni program yang didedikasikan untuk memamerkan dan memasarkan rangkaian produk lokal Indonesia lintas kategori, seperti fesyen, makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Head of Government  Relation Shopee Indonesia, Radityo Triatmojo, mengatakan mulai 27 Februari 2018, lebih dari 25 juta pengguna Shopee serta masyarakat Indonesia dapat menemukan beragam produk hasil karya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal di kanal Kreasi Nusantara yang terdapat pada aplikasi Shopee.

Kreasi Nusantara menghadirkan beragam produk UMKM lokal  mulai dari fashion, makanan dan minuman, perawatan dan kecantikan, aksesoris, perlengkapan rumah tangga, dekorasi, dan masih banyak lagi.

“Kreasi Nusantara ini ada sepanjang 2018 dan sudah kita buatkan home button, jadi pengguna tinggal klik di aplikasi Shopee,” ungkap Radityo dalam acara peluncuran Kreasi Nusantara yang berlangsung di Gedung SME Tower (SMESCO), Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Lebih lanjut dikatakan, pengguna dapat memilih pilihan produk Shopee sesuai kebutuhan dari klasifikasi kategori koleksi pilihan produk Kreasi Nusantara antara lain Gaya Etnik, Karya Lokal, dan Kudapan Asli Indonesia.

“Untuk jumlah pelaku UMKM di Kreasi Nusantara pelan-pelan kita kurasi, sekarang sudah ratusan dan akan terus ditambah, poses kurasinya kita pastikan dulu ini benar-benar UMKM lokal dan produknya juga lokal,” imbuh Radityo.

Menurut  Radityo, pihaknya akan mengkurasi terlebih dahulu produk yang nantinya akan dipasarkan melalui Kreasi Nusantara. Proses kurasinya dilakukan oleh tim kurasi Shopee.

“Yang kami lakukan adalah mengecek dekripsi barangnya, dan dari situ bisa terlihat lokal apa nggaknya. Setiap minggunya kami kurasi produk-produknya, jadi setiap minggunya selalu ada barang baru,” ujarnya.

Cukup Register

Bagi pelaku UMKM yang berminat untuk memasarkan produknya di Kreasi Nusantara, Radityo mengatakan cukup register saja ke Shopee, kemudian tim Shopee akan melakukan proses kurasi.

Halaman
12
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved