Miliki Fasilitas Baik, Puskesmas Kelurahan Petogogan Berharap Dapat Akreditasi

Pemerintah Kota Jakarta Selatan mendukung program akreditasi Puskesmas Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Miliki Fasilitas Baik, Puskesmas Kelurahan Petogogan Berharap Dapat Akreditasi
Warta Kota/Feryanto Hadi
Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Arifin berfoto bersama usai diskusi Lintas Sektor dalam Rangka Akreditasi Puskesmas Kelurahan Petogogan di Puskesmas Kelurahan Petogogan, Rabu (28/2/2018). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU---Pemerintah Kota Jakarta Selatan mendukung program akreditasi Puskesmas Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Arifin, mengatakan, Pemerintah Kota Jakarta Selatan selalu bersinergi dengan puskesmas dan masyarakat serta lintas sektoral lain, agar tercapainya akreditasi bagi Puskesmas Kelurahan Petogogan.

"Ini kegiatan tim yang berkaitan dengan akreditasi Puskemas, di mana Kelurahan Petogogan kita harap bisa mendapatkan akreditasi," kata Arifin saat diskusi Lintas Sektor dalam Rangka Akreditasi Puskesmas Kelurahan Petogogan di halaman Puskesmas Kelurahan Petogogan, Rabu (28/2/2018).

Arifin mengatakan, pelayanan kesehatan di Puskesmas Kelurahan Petogogan sudah sangat baik. Inovasi-inovasi juga telah muncul di Puskesmas Kelurahan Petogogan, salah satunya adalah smart toilet.

Baca: Dua Puskesmas Kelurahan di Pesanggrahan Galang Komitmen Akreditasi

"Jadi apabila ada seseorang di toilet dalam waktu tiga menit dia tidak bergerak, khawatir dia serangan jantung dan sebagainya, maka toilet itu bisa berbunyi," kata Arifin.

Arifin mengatakan, ini merupakan salah satu inovasi di Puskesmas Kelurahan Petogogan.

Kemudian beberapa sarana dan prasarana, pelayanan kesehatan juga sudah terpenuhi, termasuk juga tenaga medis dan sebagainya.

Arifin mengatakan, meskipun ada sedikit kekurangan yakni keterbatasan lahan, namun hal tersebut tidak mengurangi optimistis dirinya bagi Puskesmas Kelurahan Petogogan meraih akreditasi dari tim surveyor.

Baca: Wakil Wali Kota Komitmen Dukung Akreditasi Puskesmas di Tebet

"Harus, yakin, pasti dapat akreditasi," kata Arifin.

Sedangkan Kepala Puskesmas Kelurahan Petogogan, Rangkuti, mengatakan, persiapan menghadapi akreditasi telah dilakukan sejak 2017.

Persiapan-persiapan tersebut seperti penggalangan komitmen serta persiapan tiga pokja yakni pokja admen (administrasi dan manajemen), pokja UKP (upaya kesehatan perorangan), dan pokja UKM (upaya kesehatan masyarakat).

"Harusnya kami tahun lalu untuk diakreditasi. Cuma karena ada kendala teknis dari surveyor, maka kami tahun ini baru diakreditasi," katanya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved